PERPUSTAKAAN PUSAT UKAW

  • Главная
  • Информация
  • News
  • Область читателей
  • Выбрать язык :
    Арабский Бенгальский Португальский (Бразилия) Английский Испанский Немецкий Индонезийский Japanese Малайский Persian Русский Тайский Turkish Urdu

Search by :

Все Автор Тема ISBN/ISSN Расширенный поиск

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan penetapan harga oleh usaha mikro kecil, menengah (UMKM)(studi pada mebel lima bersaudara)

Skripsi

Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan penetapan harga oleh usaha mikro kecil, menengah (UMKM)(studi pada mebel lima bersaudara)

PALPIALY, Fitasari - Персональное имя;

FAKTOR – FAKTOR YANG MENYEBANKAN TERJADINYA KESALAHAN PENETAPAN HARGA OLEH USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM)
( Studi Pada Mebel Lima Bersaudara )
NAMA : FITASARI PALPIALY
NIM : 17191611
PROGRAM STUDI: AKUNTANSI
FAKULTAS: EKONOMI

ABSTRAKSI
Harga merupakan salah satu faktor penentu konsumen dalam menentukan suatu keputusan pembelian terhadap suatu produk maupun jasa. sehingga dalam penentuan harga produk atau jasa yang dijual, baik perusahaan besar maupun usaha kecil sekali pun harus memperhatikan konsumen dan para pesaingnya. dalam melakukan pembelian.
Penentuan harga jual dengan tepat, terlebih dahulu harus diketahui harga pokok produksi (perusahaan manufaktur), karena harga pokok produksi merupakan dasar bagi perusahaan untuk menetukan harga jual. Harga pokok produksi merupakan komponen biaya yang langsung berhubungan dengan produksi. Penetapan harga pokok produksi memegang peranan yang sangat penting pada suatu perusahaan, sebab dari harga pokok dapat dibuat analisa rencana dan kekuatan pemasaran, penentuan harga jual dan sebagai perencanaan laba perusahaan. Kammarudin (2013: p,174) menyatakan bahwa antara pendekatan full costing dan variable costing terdapat perbedaan mengenai konsep langsung dan tidak langsungnya biaya dengan volume.
Namun permasalahan yang sering muncul dalam usaha adalah bagaimana menentukan harga jual yang tepat bagi konsumen. Seorang pengusaha perlu mempertimbangkan biaya-biaya dalam produksi dan perubahan yang terjadi dalam kuantitas produksi apabila ingin dapat menetapkan harga secara efektif. harga sering kali digunakan sebagai indikator nilai bilamana indikator tersebut dihubungkan dengan manfaat yang dirasakan atas suatu barang atau jasa. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pada tingkat harga tertentu, bila manfaat yang dirasakan konsumen meningkat, maka nilainya akan meningkat pula.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana harga pokok produksi meyebabkan kesalahan penetapan harga dan bagaimana penyusunan pembukuan sederhana terhadap pada UMKM.
Populasi dalam penelitian ini adalah pada pelaku UMKM mebel lima Bersaudara Dan Sampel yang dipilih adalah pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mebel lima bersaudara dan telah memiliki surat ijin usaha. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan dokumentasi dan wawancara kepada pelaku usaha mebel lima bersaudar.. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penentuan harga jual mengikuti rumus sebagai berikut: Harga Jual = Full Cost + Mark Up…(Basu Swasta 2007) Penentuan mark up (%) menggunakan rumus sebagai berikut (Tri Elia Ningsih, 2018): Harga Jual menurut Perusahaan (-) Harga Pokok Produksi Mark up (%) = ------- Harga Pokok Produksi
Keterangan:
Harga Jual menurut Perusahaan = Harga jual per unit yang berlaku di perusahaan
Harga Pokok Produksi = Harga pokok produksi per unit yang dihitung dengan metode full cost Mark Up (Rp) = Mark Up (%) x Harga Pokok Produksi
Mark Up (Rp/unit) = Mark Up (Rp) / Jumlah Unit Produksi
Perhitungan Harga Pokok Produksi: Perhitungan Biaya bahan baku + biaya tenaga kerja langsung + biaya overhead pabrik
Presentase keuntungan (laba)
Untung = harga penjualan – harga pembelian
Prensentase keuntungan = untung/harga pembelian x 100%
Kunci kunci: harga pokok produksi, dan margin kontribusi




Доступность
288/22S 51 EKN 22PTK PUSAT UKAWДоступно, но не для выдачи - Tidak di pinjamkan
Detail Information
Название серии
-
Номер вызова
S 51 EKN 22
Издатель
Kupang : UKAW Fakultas Ekonomi., 2022
Сопоставление
xi, 62 hlm.: bibl; ill; 30 cm + Cd
Язык
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Классификация
S 338.52 072 PAL f
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Редакция
-
Тема(ы)
HARGA BARANG, PENETAPAN--PENELITIAN
Специфические детали информации
-
Заявление об ответственности
Fitasari Palpialy
Other version/related

No other version available

Файл приложения
Comments

You must be logged in to post a comment

PERPUSTAKAAN PUSAT UKAW
  • Информация
  • Services
  • Librarian
  • Область читателей

About Us

Alamat : Jalan Adisucipto 147, Oesapa, Kupang NTT
Telp: +62 380 881584 dan +62 380 881050
Fax: +62 380 881677
Email: admin@ukaw.ac.id / ukaw_kupang@yahoo.co.id

Поиск

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Язык
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Расширенный поиск