PERPUSTAKAAN PUSAT UKAW

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing secara berkelompok terhadap kemampuan berpikir Kristis Siswa dalam pembelajaran IPA di UPTD SMP Negeri 15 Kupang tahun ajaran 2021/2022

Skripsi

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing secara berkelompok terhadap kemampuan berpikir Kristis Siswa dalam pembelajaran IPA di UPTD SMP Negeri 15 Kupang tahun ajaran 2021/2022

DENGAK, Martince - Nama Orang;

ABSTRAK
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING SECARA BERKELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 15 KUPANG TAHUN AJARAN 2020/2021
(Dengak, M)* (Meha, M, A)** (Tnunay, P)**
Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa pada proses pembelajaran IPA Biologi di UPTD SMPN 15 Kupang dapat diatasi dengan memilih model pembelajaran yang dapat meningkatkan semangat siswa dalam belajar, untuk itu dapat dilakukan pemilihan model pembelajaran yang sesuai seperti model pembelajaran Problem Posing secara berkelompok terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran problem posing secara berkelompok terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA Biologi dengan topik Sistem Pencernaan pada Manusia. Metode penelitian yang digunakan eksperimen. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas VIII UPTD SMPN 15 Kota Kupang yang berjumlah 240 siswa. Sampel dalam penelitian 2 kelas dengan jumlah siswa 32 orang yaitu VIIIC dan VIIIA setiap kelas terdiri atas 17 siswa. Desain penelitian yang digunakan Posttest Only Control Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan test essay. Hasil penelitian diolah menggunakan SPSS 22, kriteria yang digunakan untuk menerima hipotesis nihil (H0) dan hipotesis alternatif (H1) adalah Jika angka signifikan > 0,05 maka H0 diterima tetapi Jika angka signifikan < 0,05 maka H1 diterima. Hasil yang didapatkan adalah t-hitung sebesar 9,717 lebih besar dari nilai ttabel 2.042 dan taraf signifikan p= 0,000 atau kurang dari 0,05, Maka dapat dikatakan H1 diterima, artinya terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran problem posing secara berkelompok pada mata pelajaran IPA Biologi di UPTD SMPN 15 Kupang Tahun Ajaran 2020/2021. Perbedaan kemampuan berpikir kritis dari setiap kelas eksperimen disebabkan oleh perbedaan perlakuan disertai dengan adanya perbedaan variasi yang digunakan selama proses pembelajaran.
Kata kunci: Model Pembelajaran Problem Posing , Berpikir Kritis.

Keterangan: ** Dosen pembimbing
* Mahasiswa



Ketersediaan
422/22S 41 KIP-BIO 22PTK PUSAT UKAWTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
S 41 KIP-BIO 22
Penerbit
Kupang : ukaw Fakultas KIP-Biologi., 2022
Deskripsi Fisik
xix, 64 hlm.: ill; 30 cm + cd
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S 574.07 072 598 559 DEN p
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
BIOLOGI-STUDI DAN PENGAJARAN--PENELITIAN--KOTA KUP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Martince Dengak
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN PUSAT UKAW
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Alamat : Jalan Adisucipto 147, Oesapa, Kupang NTT
Telp: +62 380 881584 dan +62 380 881050
Fax: +62 380 881677
Email: admin@ukaw.ac.id / ukaw_kupang@yahoo.co.id

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik