PERPUSTAKAAN PUSAT UKAW

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Round Table terhadap Minat belajar siswa di SMP Taruna Citra Fatubenao Tahun Pembelajaran 2020/2021.

Skripsi

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Round Table terhadap Minat belajar siswa di SMP Taruna Citra Fatubenao Tahun Pembelajaran 2020/2021.

HALE, Martina Selfiana - Nama Orang;

ABSTRAK
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND TABLE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMP TARUNA CITRA FATUBENAO TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021

Hale, M. S)* Manu,T.S.N)** Meha,A.M)**

Permasalahan utama pada penelitian ini adalah kurangnya minat belajar siswa kelas VII SMP Taruna Citra Fatubenao. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran round table terhadap minat belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII berjumlah 33 siswa yang terdistribusi kedalam 2 rombongan belajar. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling sehingga semua subjek populasi dijadikan sampel penelitian yaitu kelas VIIA dengan jumlah 17 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB dengan jumlah 16 siswa sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental Design dengan jenis Posttest Only Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi dan rubrik penilaian. Teknik analisis data menggunakan Uji t, dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa kelas VII pada kelas eksperimen tinggi dari kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung>ttabel atau 28,564 > 2,039 pada taraf signifikansi 5%. Hal tersebut menunjukan bahwa terdapat perbedaan minat belajar siswa antara kelas eksperimen dan kontrol. Adanya pengaruh minat belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, Karena kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran round table sedangkan kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Minat belajar siswa memiliki indikator yang dapat mengajak siswa dengan kesadaran mengikuti pembelajaran dengan perasaan senang, melibatkan diri, tertarik serta memusatkan perhatiannya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran round table terhadap minat belajar siswa.


Kata kunci : Model pembelajaran Round Table, Minat Belajar Siswa.
Keterangan * ) = Peneliti
**) = Pembimbing



Ketersediaan
409/22S 163 KIP- BIO 21PTK PUSAT UKAWTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
S 163 KIP- BIO 21
Penerbit
Kupang : ukaw Fakultas KIP-Biologi., 2021
Deskripsi Fisik
xvii, 48 hml.: ill.; 30 cm + cd
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S 574.07 072 HAL p
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
BIOLOGI-STUDI DAN PENGAJARAN--PENELITIAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Martina Selfiana Hale
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN PUSAT UKAW
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Alamat : Jalan Adisucipto 147, Oesapa, Kupang NTT
Telp: +62 380 881584 dan +62 380 881050
Fax: +62 380 881677
Email: admin@ukaw.ac.id / ukaw_kupang@yahoo.co.id

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik