PERPUSTAKAAN PUSAT UKAW

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Analisis Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPA Biologi di SMP Kristen 1 Amarasi Selatan.

Skripsi

Analisis Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPA Biologi di SMP Kristen 1 Amarasi Selatan.

BABU, Melda E.F. - Nama Orang;

ABSTRAK

ANALISIS PELAKSANAAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI DI SMP KRISTEN 1 AMARASI SELATAN

Babu, F.E. M)* Meha, A. M)** Manu, L.)**

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran IPA Biologi di SMP Kristen 1 Amarasi Selatan tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran, dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, dokumentasi, dan angket. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan model analisis Miles dan Huberman untuk selanjutnya diperoleh kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah pendidikan karakter sudah diimplementasikan dalam pembelajaran IPA Biologi di SMP Kristen 1 Amarasi Selatan. Pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran IPA Biologi melalui a) mengintegrasikan pendidikan karakter dalam kurikulum sekolah dengan cara guru melakukan analisa Kompetensi Dasar melalai identifikasi nilai-nilai karakter yang terkandung dalam materi pembelajaran IPA Biologi dan guru mendesain RPP mata pelajaran IPA Biologi yang memuat fokus pendidikan karakter, b) melalui pilihan dan penggunaan metode pembelajaran untuk menanamkan dan mengembangkan karakter peserta didik, hal tersebut dapat dilihat dalam proses belajara mengajar guru selalu menciptakan suasana belajar dikelas dengan langkah kegiatan merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data,menganalisis data, dan menarik kesimpulan, c) melalui pengelolaan kelas, guru membentuk kelas menjadi kelompok untuk menumbuhkan sikap kerjasama dan toleransi antar teman sebaya.
Kata Kunci: Analisis, pendidikan karakter, pembelajaran IPA Biologi

Keterangan :
* ) : Peneliti
**) : Pembimbing I
**) : Pembimbing II














ABSTRACT
IMPLEMENTATION ANALISYS STRENGTHENS CHARACTER EDUCATION IN BIOLOGY SCIENCE LEARNING AT CHRISTIAN JUNIOR HIGH SCHOOL 1 AMARASI SELATAN

Babu, F .E. M)* Meha, A. M)** Manu, L.)**

This research aims to describe the implementation of character education in science lesson in SMP Kriten 1 Amarasi Selatan. This research uses qualitative method.The subjects in this study were principals, subject teachers, and students. Data collection techniques is done by interview, observation and documentation. The data which is obtained then analyzed using Miles and Huberman analysis model to obtain the conclusion. The result of this research is character education actually has been implemented in science lesson in SMPN XY of Malang City. Implementation of character education in science lesson is done through; a) integrating character education in school curriculum by doing basic competence analysis from teacher through identification of values contained in learning materials of science, designing lesson plans of science subjects that focus on character education; b) through choice and use of learning methods to develop the character of learners, which can be seen in the process of teaching and learning, teachers always create an atmosphere of learning with activity steps ranging from formulating problems, formulating hypotheses, collecting data, Analyze data and draw conclusions; c) through classroom management, teachers form classes into groups to foster attitudes of cooperation and tolerance among student.

Keywords: Analysis, Character Education, Biology Science Lesson

Information:
* ) : Researcher
**) : Advisor I
**) : Advisor II


Ketersediaan
408/22S 155 KIP-BIO 21PTK PUSAT UKAWTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
S 155 KIP-BIO 21
Penerbit
Kupang : ukaw Fakultas KIP-Biologi., 2021
Deskripsi Fisik
xvi, 37 hlm.: ill.; 30 cm + cd
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S 574.07 072 598 553 BAB a
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
BIOLOGI-STUDI DAN PENGAJARAN--PENELITIAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Melda E.F Babu
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN PUSAT UKAW
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Alamat : Jalan Adisucipto 147, Oesapa, Kupang NTT
Telp: +62 380 881584 dan +62 380 881050
Fax: +62 380 881677
Email: admin@ukaw.ac.id / ukaw_kupang@yahoo.co.id

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik