PERPUSTAKAAN PUSAT UKAW

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Analisis Miskonsepsi siswa pada Materi Biologi dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 8 Kupang tahunajaran 2020/2021

Skripsi

Analisis Miskonsepsi siswa pada Materi Biologi dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 8 Kupang tahunajaran 2020/2021

ROGALELI, Adel Elisabet - Nama Orang;

ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI BIOLOGI DALAM PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 8 KUPANG TAHUN AJARAN 2021/2022

Rogaleli, A.E.)* Meha, A.M.)** Tnunay, P.)**

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi siswa pada materi biologi dalam pembelajaran di masa pandemi COVID-19 di SMA Negeri 8 Kupang Tahun Ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan desain penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data untuk menganalisis miskonsepsi pada peserta didik dilakukan dengan menggunakan instrumen three-tier diagnostic tes dengan melibatkan 20 peserta didik kelas XI MIPA. Materi yang digunakan untuk mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik yaitu materi sistem peredaran darah yang terdiri dari 10 butir soal. Analisis data dilakukan dengan mencari persentase miskonsepsi dari masing-masing butir soal. Untuk mengetahui persentase peserta didik yang miskonsepsi, paham konsep, paham konsep tapi kurang yakin, dan tidak paham konsep, data yang diperoleh dianalisis menggunakan rumus p=f/n X 100. Dari hasil penelitian didapatkan data miskonsepsi peserta didik dengan persentase rata-rata sebesar 32,5%, berada pada kategori miskonsepsi sedang. Nilai rata-rata peserta didik yang paham konsep tetapi kurang yakin sebesar 1,5% dan rata-rata peserta didik yang tidak paham konsep sebesar 6,5%. Secara keseluruhan nilai rata-rata peserta didik yang paham konsep lebih besar jika dibandingkan dengan nilai kategori lain yaitu sebesar 59%. Disimpulkan bahwa hasil persentase miskonsepsi peserta didik kelas XI MIPA di SMA Negeri 8 Kupang yang di dapat, dalam penelitian ini berada pada kategori miskonsepsi sedang (31-60= sedang).


Kata kunci : Miskonsepsi, Pembelajaran, Masa Pandemi.
Keterangan : *Peneliti
: ** Pembimbing
 
ANALYSIS OF STUDENT'S MISCONCEPTIONS ON BIOLOGICAL MATERIALS IN LEARNING DURING THE COVID-19 PANDEMIC AT SMA NEGERI 8 KUPANG IN THE ACADEMIC YEAR 2020/2021

Rogaleli, A.E.)* Meha, A.M.)** Tnunay, P.)**

ABSTRACT

This study aims to analyze students' misconceptions about biology material in learning during the COVID-19 pandemic at SMA Negeri 8 Kupang for the Academic Year 2021/2022. The method used in this study is a qualitative method, with a descriptive research design. Data collection techniques to analyze students' misconceptions were carried out using a three-tier diagnostic test instrument involving 20 students of class XI MIPA. The material used to identify students' misconceptions is the circulatory system material which consists of 10 questions. Data analysis was carried out by finding the percentage of misconceptions from each item. To determine the percentage of students who have misconceptions, understand concepts, understand concepts but are not sure, and do not understand concepts, the data obtained were analyzed using the formula p=f/n X 100. 32.5%, are in the category of moderate misconceptions. The average value of students who understand the concept but are not sure is 1.5% and the average value of students who do not understand the concept is 6.5%. Overall, the average value of students who understand the concept is greater than the value of other categories, which is 59%. It was concluded that the percentage results of students' misconceptions in class XI MIPA at SMA Negeri 8 Kupang that were obtained in this study were in the category of moderate misconceptions (31-60 = moderate).

Keywords : Misconceptions, Learning, Pandemic Period.
Description :*Researcher
:**Advisor



Ketersediaan
391/22S 07 KIP-BIO 22PTK PUSAT UKAWTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
S 07 KIP-BIO 22
Penerbit
Kupang : ukaw Fakultas KIP-Biologi., 2022
Deskripsi Fisik
xvi, 52 hlm.: ill.; 30 cm + cd
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S 574.07 072 598 559 ROG a
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
BIOLOGI-STUDI DAN PENGAJARAN--PENELITIAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Adel Elisabet Rogaleli
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN PUSAT UKAW
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Alamat : Jalan Adisucipto 147, Oesapa, Kupang NTT
Telp: +62 380 881584 dan +62 380 881050
Fax: +62 380 881677
Email: admin@ukaw.ac.id / ukaw_kupang@yahoo.co.id

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik