Skripsi
Analisis Kesulitan Belajar siswa pada mata pelajaran IPA Biologi kela VII di SMP Negeri 20 Kota Kupang.
ABSTRAK
ANALISA KESULITAN BELAJAR MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI KELAS VII G SMP NEGERI 20 KOTA KUPANG.
Kabby I. Y)* Meha A. M)** Blegur J)***
Peneliitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kesulitan Belajar siswa dan faktor – faktor yang mempengaruhi Kesulitann belajar pada mata pelajaran IPA Biologi serta bagaimana upaya guru mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPA Biologi di SMP Negeri 20 Kota Kupang.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif untuk melakukan observasi, intervieu, atau wawancara ,dokumentasi untuk mengumpulkan data selama berlangsungnya penelitian dilapangan dengan melibatkan guru Biologi Kelas VII G berjumlah 1 orang guru dan siswa di Kelas VII G berjumlah 27 siswa di SMP Negeri 20 Kota Kupang khusus pada siswa yang menemui kesulitan belajar pada mata pelajaran IPA Biologi.Keabsahan data diuji dengan kredibilitas yang mencakup perpanjangan masa observasi terus-menerus,Trianggulasi data, kajian kasus negatif, pengecekan anggota dan pengecekan sejawat, Model interaktif analisis data selama pengumpulan data.Hasil penelitian menunjukan adanya kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPA Biologi di Kelas VII G dapat ditemukan.yaitu baik dari faktor internal maupun faktor eksternal, disampingnya ada juga upaya guru secara optimal untuk mengatasi kesulitan belajar, baik yang dilakukan disekolah melalaui pengulangan materi dan ulangan perbaikan disamping diadakan pengayaan kepada siswa yang dipandang mampu atau menemui Kesulitan belajar demikian pula pemberian tugas – tugas kepada siswa yang kurang mampu baik secara individu maupun secra kelompok untuk dikerjakan diluar jam sekolah.
Kata Kunci : Faktor – faktor Kesulitan belajar
Keterangan:
*) Penulis
**) Pembimbing I
**) Pembimbing II
ABSTRACK
ANALYSIS OF LEARNING DIFFICULTIES OF BIOLOGICAL SUBJECTS CLASS VII G SMP NEGERI 20 KUPANG CITY.
Kabby I. Y)* Meha A. M)** Blegur J)**
This study aims to reveal learning and the factors of learning difficulties in biology science subjects and how the teacher's efforts to overcome the difficulties of learning biology science at SMP Negeri 20 Kupang City. The method used in this study is a qualitative method to conduct observations, interviews, or interviews documentation to collect data during the research in the field by involving the principal as the person in charge of the school, homeroom teachers, Biology teachers Class VII G and other Biology teachers as well as students in Class VII G at SMP Negeri 20 Kupang City specifically for students who meet learning difficulties in Biology science subjects. The validity of the data was tested with credibility which included an extension of the continuous observation period, data triangulation, negative case studies, member checking and peer checking. An interactive model of Milles and Huberman data analysis during data collection. trouble Learning in Biology Science subjects in Class VII G can be found, namely both internal and external factors, in addition to optimal teacher efforts to overcome learning difficulties, both those carried out at school through repetition of material and improvement tests in addition to enrichment for students who considered capable or met with complete learning as well as giving assignments to underprivileged students both individually and in groups to be done outside school hours.
Keywords: Factors - factors of learning difficulties
Information:
*) Writer
**) Advisior I
**) Advisior II
393/22 | S 14 KIP-BIO 22 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain