PERPUSTAKAAN PUSAT UKAW

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Analisis Kesulitan Belajar siswa pada mata pelajaran IPA Biologi kela VII di SMP Negeri 20 Kota Kupang.

Skripsi

Analisis Kesulitan Belajar siswa pada mata pelajaran IPA Biologi kela VII di SMP Negeri 20 Kota Kupang.

KABBY, Imelda Yunita - Nama Orang;

ABSTRAK


ANALISA KESULITAN BELAJAR MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI KELAS VII G SMP NEGERI 20 KOTA KUPANG.

Kabby I. Y)* Meha A. M)** Blegur J)***

Peneliitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kesulitan Belajar siswa dan faktor – faktor yang mempengaruhi Kesulitann belajar pada mata pelajaran IPA Biologi serta bagaimana upaya guru mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPA Biologi di SMP Negeri 20 Kota Kupang.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif untuk melakukan observasi, intervieu, atau wawancara ,dokumentasi untuk mengumpulkan data selama berlangsungnya penelitian dilapangan dengan melibatkan guru Biologi Kelas VII G berjumlah 1 orang guru dan siswa di Kelas VII G berjumlah 27 siswa di SMP Negeri 20 Kota Kupang khusus pada siswa yang menemui kesulitan belajar pada mata pelajaran IPA Biologi.Keabsahan data diuji dengan kredibilitas yang mencakup perpanjangan masa observasi terus-menerus,Trianggulasi data, kajian kasus negatif, pengecekan anggota dan pengecekan sejawat, Model interaktif analisis data selama pengumpulan data.Hasil penelitian menunjukan adanya kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPA Biologi di Kelas VII G dapat ditemukan.yaitu baik dari faktor internal maupun faktor eksternal, disampingnya ada juga upaya guru secara optimal untuk mengatasi kesulitan belajar, baik yang dilakukan disekolah melalaui pengulangan materi dan ulangan perbaikan disamping diadakan pengayaan kepada siswa yang dipandang mampu atau menemui Kesulitan belajar demikian pula pemberian tugas – tugas kepada siswa yang kurang mampu baik secara individu maupun secra kelompok untuk dikerjakan diluar jam sekolah.


Kata Kunci : Faktor – faktor Kesulitan belajar

Keterangan:

*) Penulis

**) Pembimbing I

**) Pembimbing II




ABSTRACK

ANALYSIS OF LEARNING DIFFICULTIES OF BIOLOGICAL SUBJECTS CLASS VII G SMP NEGERI 20 KUPANG CITY.

Kabby I. Y)* Meha A. M)** Blegur J)**

This study aims to reveal learning and the factors of learning difficulties in biology science subjects and how the teacher's efforts to overcome the difficulties of learning biology science at SMP Negeri 20 Kupang City. The method used in this study is a qualitative method to conduct observations, interviews, or interviews documentation to collect data during the research in the field by involving the principal as the person in charge of the school, homeroom teachers, Biology teachers Class VII G and other Biology teachers as well as students in Class VII G at SMP Negeri 20 Kupang City specifically for students who meet learning difficulties in Biology science subjects. The validity of the data was tested with credibility which included an extension of the continuous observation period, data triangulation, negative case studies, member checking and peer checking. An interactive model of Milles and Huberman data analysis during data collection. trouble Learning in Biology Science subjects in Class VII G can be found, namely both internal and external factors, in addition to optimal teacher efforts to overcome learning difficulties, both those carried out at school through repetition of material and improvement tests in addition to enrichment for students who considered capable or met with complete learning as well as giving assignments to underprivileged students both individually and in groups to be done outside school hours.
Keywords: Factors - factors of learning difficulties
Information:
*) Writer
**) Advisior I
**) Advisior II





Ketersediaan
393/22S 14 KIP-BIO 22PTK PUSAT UKAWTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
S 14 KIP-BIO 22
Penerbit
Kupang : ukaw Fakultas KIP-Biologi., 2022
Deskripsi Fisik
xvi, 48 hlm.: ill.; 30 cm + cd
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S 574.07 072 598 559 KAB a
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
BIOLOGI-STUDI DAN PENGAJARAN--PENELITIAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Imelda Yunita Kabby
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN PUSAT UKAW
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Alamat : Jalan Adisucipto 147, Oesapa, Kupang NTT
Telp: +62 380 881584 dan +62 380 881050
Fax: +62 380 881677
Email: admin@ukaw.ac.id / ukaw_kupang@yahoo.co.id

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik