Skripsi
Analisis Soft Skill Mahasiswa Pendidikan Biologi dalam perkuliahan Struktur dan perkembangan Hewan Menggunakan Metode Resitasi berbaisi Jurnal.
ABSTRAK
ANALISIS SOFT SKILL MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI DALAM PERKULIAHAN STRUKTUR DAN PERKEMBANGAN HEWAN MENGGUNAKAN METODE RESITASI BERBASIS JURNAL
Karage C. P )* Meha A. M )** Ngginak J. )**
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan soft skills yang dimiliki mahasiswa pendidikan biologi dengan metode resitasi jurnal pada mata kuliah struktur dan perkembangan hewan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 23 mahasiswa prodi pendidikan biologi TA 2019/2020. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi soft skills yang sudah tervalidasi. Dalam penelitian ini, pencapaian soft skills mahasiswa difokuskan pada tujuh aspek yaitu kemampuan berkomunikasi, kemampuan berpikir/bernalar, kemampuan menyelesaikan masalah, kerja sama tim, pengelolaan informasi, etika moral, ketrampilan Kepemimpinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soft skills mahasiswa yang mencapai kriteria baik sebanyak 11 orang, sedangkan 12 mahasiswa memiliki kriteria soft skills dengan kriteria sangat baik. kemampuan berkomunikasi adalah salah satu aspek soft skill yang memiliki point tertinggi yaitu 83,69% dan diikuti oleh aspek etika-moral di urutan kedua yaitu 82,60% sedangkan aspek kerjasama tim dan kemampuan kepemimpinan berada pada urutan masih di atas baik yaitu 80,86% dan 80%. kemampuan menyelesaikan masalah adalah aspek soft skill terendah yg dimiliki mahasiswa dengan persentase 73,91% di ikuti aspek soft skill pengelolaan informasi dan kemampuan berpikir/bernalar dengan 78,26% dan 78,55%. Dengan demikian rata-rata aspek soft skill mahasiswa semester 2 tergolong baik,karena berdasarkan hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa skor total soft skill mahasiswa yang mencapai kriteria baik yaitu persentase 80% dan termasuk persentase tertinggi, Skor soft skill yang digunakan adalah ditentukan pada rata-rata skor soft skill selama tiga kali pertemuan lalu diprentase.
Kata kunci: soft skills, mahasiswa, metode resitasi berbasis jurnal
)*Peneliti
)** Dosen Pembimbing
ABSTRACT
SOFT SKILL ANALYSIS OF BIOLOGY EDUCATION STUDENTS IN ANIMAL STUDY OF STRUCTURE AND DEVELOPMENT USING A RESETATION METHOD BASED ON JOURNAL
Karage C. P ) * Meha A. M )* * Ngginak J. )**
This study aims to describe the soft skills possessed by biology education students by the journal recitation method in the subject of animal structure and development. The research method used was a qualitative method. The number of research subjects were 23 students of Biology Education Study Program in Academic Year 2019/2020. The instrument used was a validated soft skills observation sheet. In this study, the achievement of student soft skills is focused on seven aspects, namely communication skills, thinking / reasoning abilities, problem solving skills, teamwork, information management, ethics-morals, leadership skills.
The results showed that the soft skills of students who achieved good criteria were 11 people, while 12 students had soft skills criteria with very good criteria. Communication ability is one of the aspects of soft skills that has the highest point of 83.69% and followed by ethical-moral aspects in the second place which is 82.60% while the aspects of teamwork and leadership ability are still above the level of good 80.86 % and 80%. the ability to solve problems is the lowest aspect of soft skills possessed by students with a percentage of 73.91% followed by the aspects of information management soft skills and the ability to think / reason with 78.26% and 78.55%. Thus the average aspects of soft skills of semester 2 students are classified as good.
Keywords: soft skills, students, recitation methods based on journal
396/22 | S 144. KIP-BIO 20 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain