PERPUSTAKAAN PUSAT UKAW

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Concep Attaiment terhadap Aktifitas Belajar siswa di SMP Negeri 1 Lewa Tidahu Kabupaten Sumba Timur Tahun ajaran 2020/2021

Skripsi

Pengaruh Model Pembelajaran Concep Attaiment terhadap Aktifitas Belajar siswa di SMP Negeri 1 Lewa Tidahu Kabupaten Sumba Timur Tahun ajaran 2020/2021

TAMAR, Adi Ina Dembi - Nama Orang;

ABSTRAK
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 LEWA TIDAHU KABUPATEN SUMBA TIMUR TAHUN AJARAN 2020/2021
(Tamar, A. D.)* (Manu, T. S. N)** (Meha, A. M.)**
Permasalahan yang ditemukan adalah rendahnya aktivitas belajar siswa. Salah satu faktor yang menyebabkan aktivitas belajar siswa rendah adalah guru lebih banyak menggunakan metode mengajar ceramah sehingga cenderung membuat siswa pasif dan berpusat pada guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Concept Attainment terhadap aktivitas belajar. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Posstest-Only Control Design. Populasi seluruh siswa kelas VIII berjumlah 88 siswa dan sampel kelas VIIIA (13 siswa) dan kelas VIIIC (15 siswa). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi. Data aktivitas belajar siswa yang diperoleh dianalisis menggunakan Uji t, dengan bantuan SPSS For Windows versi 22. Berdasarkan hasil uji homogenitas diperoleh nilai F sebesar 0,856 serta hasil uji hipotesis diperoleh nilai t 5,525 dengan signifikan 0,000 atau kurang dari 0,05 hal tersebut menunjukan bahwa terdapat perbedaan aktivitas belajar siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang menunjukan bahwa aktivitas belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi yaitu kegiatan aktif dalam pembelajaran mendapatkan persentase 6,66%, kegiatan aktif bertanya mendapatkan persentase 6,66%, kegiatan aktif menjawab mendapatkan persentase 20%, kegiatan aktif mendengarkan mendapatkan persentase 46,6% dan kegiatan membawa peralatan belajar mendapatkan persentase 20%. Hal ini dikarenakan pada kelas eksperimen siswa terlibat aktif dalam menentukan dan menyusun konsep pembelajaran sehingga siswa lebih aktif dalam pembelajaran, aktif bertanya dan menjawab, aktif mendengarkan penjelasan guru dan siswa membawa peralatan belajar secara lengkap. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran Concept Attainment terhadap aktivitas belajar siswa.

Kata kunci : Pembelajaran, Concept Attainment, Aktivitas Belajar
Keterangan : ** Dosen pembimbing
* Mahasiswa


Ketersediaan
378/22S 35 KIP-BIO 22PTK PUSAT UKAWTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
S 35 KIP-BIO 22
Penerbit
Kupang : ukaw Fakultas KIP-Biologi., 2022
Deskripsi Fisik
xviii, 51 hlm.: ill.; 30 cm + cd
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S 574.07 072 598 552 TAM p
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
BIOLOGI-STUDI DAN PENGAJARAN--PENELITIAN--KAB. SUM
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Adi Ina Dembi Tamar
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN PUSAT UKAW
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Alamat : Jalan Adisucipto 147, Oesapa, Kupang NTT
Telp: +62 380 881584 dan +62 380 881050
Fax: +62 380 881677
Email: admin@ukaw.ac.id / ukaw_kupang@yahoo.co.id

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik