Skripsi
Pengaruh Model Pembelajaran Probing Promting berbasis Active Learning terhada kemampuan berpikir Kritis siswa di SMP Negeri Met'ana kecamatan Kuanfatu tahun ajaran 2020/2021
ABSTRAK
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMTING BERBASIS ACTIVE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMP NEGERI MET’ANA KECAMATAN KUANFATU TAHUN AJARAN 2020/2021
Kase M. M* Nomleni Th. F)** Foeh. Y**
Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran probing promting berbasis active learning terhadap kemampuan berpikir kritis siwa pada kelas VIII SMP Negeri Met’ana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Eksperimen yaitu bertujuan untuk mengetahui hubungan variabel bebas terhadap variabel terikat. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Posstest-Only Control Design. Populasi seluruh siswa kelas VIII berjumlah 31 siswa dan sampel kelas VIIIA dan kelas VIIIB berjumlah 14 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes. Teknik analisis data menggunakan Uji t, dengan bantuan SPSS. Berdasarkan hasil uji homogenitas diperoleh nilai F sebesar 4,124 serta hasil uji hipotesis diperoleh nilai t 9,032 dengan signifikan 0,000 atau kurang dari 0,05 hal tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh berpikir kritis siswa antara kelas kontrol dan eksperimen Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Probing promting berbasis active learning pada kelas eksperimen lebih tinggi yaitu Memberikan penjelasan sederhana 93%, Membangun keterampilan dasar 93,00%, Menyimpulkan 87,14%, Memberikan penjelasan lebih lanjut 86,00%. dan Mengatur strategi dan taktik 92,85%. Dibandingkan dengan kemampuan berpikir kritis pada kelas Kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam model pembelajaran probing promting terhadap kemampuan perpikir kritis siswa di SMP Negeri Met’ana Kecamatan Kuanfatu Tahun Ajaran 2020/2021
.
Kata Kunci : Pembelajaran, Model Probing Promting, Kemampuan berpikir kritis
Keterangan : Peneliti
Pembimbing
441/22 | S .60 KIP-BIO 22 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain