PERPUSTAKAAN PUSAT UKAW

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Probing Promting berbasis Active Learning terhada kemampuan berpikir Kritis siswa di SMP Negeri Met'ana kecamatan Kuanfatu tahun ajaran 2020/2021

Skripsi

Pengaruh Model Pembelajaran Probing Promting berbasis Active Learning terhada kemampuan berpikir Kritis siswa di SMP Negeri Met'ana kecamatan Kuanfatu tahun ajaran 2020/2021

KASE, Maria Magdalena - Nama Orang;

ABSTRAK
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMTING BERBASIS ACTIVE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMP NEGERI MET’ANA KECAMATAN KUANFATU TAHUN AJARAN 2020/2021
Kase M. M* Nomleni Th. F)** Foeh. Y**
Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran probing promting berbasis active learning terhadap kemampuan berpikir kritis siwa pada kelas VIII SMP Negeri Met’ana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Eksperimen yaitu bertujuan untuk mengetahui hubungan variabel bebas terhadap variabel terikat. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Posstest-Only Control Design. Populasi seluruh siswa kelas VIII berjumlah 31 siswa dan sampel kelas VIIIA dan kelas VIIIB berjumlah 14 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes. Teknik analisis data menggunakan Uji t, dengan bantuan SPSS. Berdasarkan hasil uji homogenitas diperoleh nilai F sebesar 4,124 serta hasil uji hipotesis diperoleh nilai t 9,032 dengan signifikan 0,000 atau kurang dari 0,05 hal tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh berpikir kritis siswa antara kelas kontrol dan eksperimen Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Probing promting berbasis active learning pada kelas eksperimen lebih tinggi yaitu Memberikan penjelasan sederhana 93%, Membangun keterampilan dasar 93,00%, Menyimpulkan 87,14%, Memberikan penjelasan lebih lanjut 86,00%. dan Mengatur strategi dan taktik 92,85%. Dibandingkan dengan kemampuan berpikir kritis pada kelas Kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam model pembelajaran probing promting terhadap kemampuan perpikir kritis siswa di SMP Negeri Met’ana Kecamatan Kuanfatu Tahun Ajaran 2020/2021
.

Kata Kunci : Pembelajaran, Model Probing Promting, Kemampuan berpikir kritis
Keterangan : Peneliti
Pembimbing


Ketersediaan
441/22S .60 KIP-BIO 22PTK PUSAT UKAWTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
S .60 KIP-BIO 22
Penerbit
Kupang : ukaw Fakultas KIP-Biologi., 2022
Deskripsi Fisik
xvii, 70 hlm.: ill.; 30 cm + cd
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S 574.07 072 KAS p
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
BIOLOGI-STUDI DAN PENGAJARAN--PENELITIAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Maria Magdalena Kase
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN PUSAT UKAW
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Alamat : Jalan Adisucipto 147, Oesapa, Kupang NTT
Telp: +62 380 881584 dan +62 380 881050
Fax: +62 380 881677
Email: admin@ukaw.ac.id / ukaw_kupang@yahoo.co.id

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik