Skripsi
Analisis Pelaksanaan Belajar dari Rumah (BDR)selama Pandemi Covid-19 pada SMA Kristen Manekto Kuatnana Kabupaten Timor Tengah Selatan.
ABSTRAK
ANALISIS PELAKSANAAN BELAJAR DARI RUMAH (BDR) SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA SMA KRISTEN MANEK TO KUATNANA KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN
Faofeto, Y.)* Manu, N. S. T)** Ndun, O)**
Kegiatan pembelajaran pada SMA Kristen Manek To Kuatnana dalam masa darurat penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) dilaksanakan dengan cara Belajar Dari Rumah (BDR). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR) di masa pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) di SMA Kristen Manek To Kuatnana Kabupaten Timor Tengah Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan sumber data diperoleh dari observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi untuk memperoleh informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR) di SMA Kristen Manek To Kuatnana di masa pandemi Covid-19. Subjek dalam penelitian ini adalah 1) Guru Biologi; 2) Orang Tua Siswa kelas XI IPA; dan 3) Siswa Kelas XI IPA dengan teknik analisis data yang menggunakan teknik Triangulasi dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah selama masa pandemi Covid-19, guru melaksanakan kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR) secara luring denga tetap mentaati protokol kesehatan. Penerapan kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR) secara luring yaitu: 1) Tahap perencanaan, hal yang dipersiapkan oleh guru adalah guru menyiapkan materi/bahan ajar dan menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembealajaran (RPP); menentukan jenis media pembelajaran dalam pelaksanaan kegiatan Belajar dari Rumah (BDR); membuat jadwal pelaksanaan kegiatan BDR dan menempempelkannya di papan informasi sekolah; serta merancang penilaian. Sedangkan hal yang dipersiapkan oleh siswa adalah: Mempersiapkan diri untuk belajar di masa covid-19 (seperti: menyiapkan alat tulis dan alat pelindung diri (seperti: masker)); dan mengambil jadwal pelaksanaan kegiatan BDR yang sudah disiapkan guru. (2) Tahap pelaksanaan, pada tahap ini hal yang dilakukan oleh guru adalah; guru memperbanyak materi pelajaran yang telah disiapkan sesuai jumlah siswa yang ada; menunggu siswa di sekolah untuk membagikan materi dan tugas yang dipersiapkan sesuai jadwal dengan tetap mematuhi protocol kesehatan; dan memeriksa hasil pekerjaan tugas siswa yang sudah dikumpulkan. Sedangkan hal yang dilakukan siswa adalah: Datang ke sekolah untuk mengambil rangkuman materi dan tugas yang dipersiapkan guru sesuai jadwal dengan tetap mematuhi protocol kesehatan; Mempelajari materi dan mengerjakan tugas yang diberikan guru di rumah masing-masing; dan Mengumpulkan tugas yang sudah dikerjakan kepada guru di sekolah. (3) Tahap evaluasi, pada tahap ini hal yang dilakukan guru adalah: guru mengukur penilaian/ hasil belajar siswa selama kegiatan belajar dari rumah (BDR); Merangkum hasil pekerjaan siswa dan memberikan umpan balik terhadap hasil karya siswa dalam pelaksanaan kegiatan Belajar dari Rumah (BDR); dan Memberikan tugas tambahan kepada siswa yang hasil pekerjaannya dibawah KKM sebagai program remedial dan melakukan pengayaan terhadap siswa yang hasil pekerjaannya di atas KKM. Sedangkan hal yang dilakukan siswa adalah : Melakukan remedial dan pengayaan.
KATA KUNCI : Belajar Dari Rumah (BDR); Pandemi Covid-19
Keterangan:
* Peneliti**Pembimbing
351/22 | S 22 KIP-BIO 22 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain