Skripsi
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Gagnon and Collay di SMP Negeri 6 Amarasi tahun ajaran 2021/2022
ABSTRAK
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL
GAGNON AND COLLAY DI SMP NEGERI 6 AMARASI TAHUN AJARAN
2021/2022
Nabut, M. R)* Bullu, I. N)** Koroh, T)**
Permasalahan utama pada saat observasi adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Amarasi disebabkan karena penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model Gognon AndCollay dapat meningkatkan hasil belajar IPA Terpadu (Biologi) pada siswa SMP Negeri 6 Amarasi. Jenis penelitin yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Tahap dalam penelitian tindakan kelas yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 26 siswa. Pengumpulan datanya menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan rumus presentase. Data hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model Gagnon And Collay. Kelebihan dari model ini siswa yang awalnya kurang aktif menjadi aktif dalam pembelajaran sehingga adanya peningkatan hasil belajar.Hal ini dikarenakan model pembelajaran Gagnon AndCollaymemberikan kesan kuat terhadap peserta didik sehingga membangkitkan semangat dan membangun kerja sama yang baik. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang dilihat dari nilai siklus I pertemuan II. Hasil observasi aktifitas guru siklus I pertemuan I 76% dan pertemuan II
90% sedangkan hasil tes siswa siklus I pertemuan I 57% dan pertemuan II 92%. Berdasarkan analisis data pada pertemuan II yang dilakukan pada penelitian ini dapat
diketahui bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa ketika menerapkan model Gagnon And Collay hal ini dilihat dari hasil tes dan hasil observasi aktivitas guru yang menunjukan bahwa nilai siklus I pertemuan I lebih rendah dibandingkan dengan pertemuan II. Dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran IPA dengan materi Sistem Pernapasan dikelas VIII SMP Negeri 6 Amarasi menggunakan model pembelajaran Gagnon And Collay dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehigga peneliti tidak melanjutkan ke penelitian siklus II.
Kata kunci : Pembelajaran, Model, Hasil Belajar
Keterangan : ** ) Dosen Pembimbing
* ) Mahasiswa
360/22 | S 360 KIP-BIO 22 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain