PERPUSTAKAAN PUSAT UKAW

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Model Pembelajaran bertukar Pasangan terhadap hasil Belajar Kognitif Siswa di SMP Negeri ! Kupang Barat tahun Ajaran 2020/2021

Skripsi

Pengaruh Model Pembelajaran bertukar Pasangan terhadap hasil Belajar Kognitif Siswa di SMP Negeri ! Kupang Barat tahun Ajaran 2020/2021

ORU, Apliana Baja - Nama Orang;

ABSTRAK
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERTUKAR PASANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DI SMP NEGERI 1 KUPANG BARAT TAHUN AJARAN 2020/2021

Oru, B.A)* Manu, N.S.T)** Manggoa, M)**
Permasalahan utama pada penelitian ini adalah kurangnya Hasil belajar siswa masi rendah Di kelas VII SMP Negeri 1 Kupang barat . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa pada materi klasifikasi makluk hidup dengan menggunakan model pembelajaran bertukar pasangan di SMP Negeri 1 Kupang Barat Tahun Ajaran 2020 /2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari 3 rombongan belajar yaitu VIIA-VIIC dengan jumlah kelas VII seluruhnya 106 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan mengunkan post-test di dapatkan populasi dan sampel penelitian yaitu kelas VIIA dengan jumlah 14 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB dengan jumlah 14 siswa sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan yaitu berbentuk posttest-only control design. Teknik analisis data menggunakan Uji t, dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa Hasil Belajar Kognitif Siswa pada kelas eksperimen tinggi memiliki persentase sebesar pada rana mengingat (C1) 92,85 %,. ranah Memahami (C2) memiliki persentase 84,28% , rana menerapakan(C3) memeliki presentase 77,14 %.sedangkan hasil belajar pada kelas kontrol memiki presentase tertinggi pada rana mengingat 77,14%, hasil belajar pada rana memahami memikili presentase 62,85%, pada rana memahami memeliki presentase 48,21 %.Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung>ttabel atau 17,392> 2,055 pada taraf signifikansi atau kurang dari 0,05tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran bertukar pasangan terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa antara kelas eksperimen dan kontrol. Adanya Pengaruh Hasil Belajar Kognitif Siswa pada kelas Eksperimen Dan Kelas Kontrol,Karena Kelas Eksperimen Menggunakan Model Pembelajaran Bertukar Pasangan Sedangkan Kelas Kontrol Menggunakan Metode Diskusi. Sehingga Dapat Disimpulkan Bahwa Penelitian Ini Adalah Terdapat Pengaruh Yang Signifikasi Pada Model Pembelajaran Bertukar Pasangan Terhadap Hasil Kognitif Siswa .

Kata kunci : Model Pembelajaran Bertukar Pasangan Hasil Belajar Kognitif Siswa
Keterangan * ) = Peneliti
**) = Pembimbing


Ketersediaan
359/22S 36 KIP-BIO 22PTK PUSAT UKAWTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
S 36 KIP-BIO 22
Penerbit
Kupang : ukaw Fakultas KIP-Biologi., 2022
Deskripsi Fisik
xvii, 94 hlm.: ill.: 30 cm + cd
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S 574.07 072 598 553 ORU p
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
BIOLOGI-STUDI DAN PENGAJARAN--PENELITIAN--KAB. KUP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Apliana baja Oru
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN PUSAT UKAW
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Alamat : Jalan Adisucipto 147, Oesapa, Kupang NTT
Telp: +62 380 881584 dan +62 380 881050
Fax: +62 380 881677
Email: admin@ukaw.ac.id / ukaw_kupang@yahoo.co.id

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik