PERPUSTAKAAN PUSAT UKAW

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Strategi Pembelajaran Pembelajaran Berbasis Joyful Learning terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa di SMP Negeri Amfoang Barat Daya tahun Ajaran2020/2021 .

Skripsi

Pengaruh Strategi Pembelajaran Pembelajaran Berbasis Joyful Learning terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa di SMP Negeri Amfoang Barat Daya tahun Ajaran2020/2021 .

AKALAU, Fransina - Nama Orang;

ABSTRAK

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS JOYFULL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DI SMP NEGERI 1 OMFOANG BARAT DAYA TAHUN AJARAN 2020/2021

Akalau F)* Meha. A. M)** Manu T. S.N)**
Permasalahan utama pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Amfoang Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Strategi pembelajaran berbasis Joyfull Learningterhadap hasil belajar. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Posstest-Only Control Design. Populasi seluruh siswa kelas VIII berjumlah 52 siswa dan sampel kelas VIIIA dan kelas VIIIB berjumlah 26 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalahteknik sampel jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar. Data hasil belajar siswa yang diperoleh dianalisis menggunakan Uji t, dengan bantuan SPSS For Windows versi 25.0. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung>ttabelatau 5,885>2,008 dengan signifikan 0,000 atau kurang dari 0,05 hal tersebut menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas kontrol dan eksperimen . Hal ini dapat dilihat dari adanya pengaruh terhadap pemahaman siswa mengenai pentingnya belajar membuat siswa menyadari bahwa untuk mendapatkan keberhasilan perlu adanya ketertarikan dalam memahami suatu konsep dalam pembelajaran, selain itu juga dilihat dari sikap siswa yang berantusias dalam belajar, memiliki rasa ingin tahu, dan berani menyampaikan pendapat saat proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan strtegi pembelajaran joyfull learning memiliki potensi yang cukup besar yaitu dapat mengembangkan ide siswa tentang suatu masalah dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat persentase hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari hasil belajar siswa pada kelas kontrol yaitu C1 84,61 %, C2 82,30% , C3 80,28% dan C4 77,40%.Adanya strategi pembelajaran pada kelas eksperimen, karena kelas eksperimen diberikan perlakuan, sedangkan kelas kontrol tidak diberikan perlakuan. Sehingga dapat disimpulkan adanya pengaruh yang signifikan dalam penggunaan strategi pembelajaran joyfull learning terhadap hasil belajar siswa.
Kata kunci : Pembelajaran Strategi joyful learning, Hasil Belajar Siswa kognitif siswa.
Keterangan * ) = Peneliti
**) = Pembimbing



Ketersediaan
385/22S 63 KIP-BIO 22PTK PUSAT UKAWTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
S 63 KIP-BIO 22
Penerbit
Kupang : ukaw Fakultas KIP-Biologi., 2022
Deskripsi Fisik
xvii, 111 hlm.: ill.; 30 cm + cd
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S 579 072 AKA p
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
BIOLOGI-STUDI DAN PENGAJARAN--PENELITIAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Fransina Akalau
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN PUSAT UKAW
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Alamat : Jalan Adisucipto 147, Oesapa, Kupang NTT
Telp: +62 380 881584 dan +62 380 881050
Fax: +62 380 881677
Email: admin@ukaw.ac.id / ukaw_kupang@yahoo.co.id

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik