Skripsi
Pengaruh Metode Gallery Walk terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X di SMA Negeri 2 Fatuleu Tahun Ajaran 2021/2022
ABSTRAK
PENGARUH METODE GALLERY WALK TERHADAP MINAT
BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI
KELAS XDI SMA NEGERI 2 FATULEU
TAHUN AJARAN 2021/2022
Sombo, A )* Meha, M, A)** Koroh, T)**
Rendahnya minat belajar siswa pada proses pembelajaran biologi di SMA Negeri 2 Fatuleu dapat diatasi dengan menggunakan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan semangat belajar siswa. Untuk itu dapat dilakukan pemilihan metode pembelajaran seperti metode Gallery walk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Gallery Walk terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran biologi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPA yang berjumlah 38 siswa , Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu X IPA 1 dan X IPA 2 setiap kelas terdiri atas 19 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest Only Control Design.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data diolah menggunakan teknik uji T. Berdasarkan penelitian ini hasil yang didapatkan adalah t-hitung sebesar 26.619 dengan angka signivikan 0,000 < 0.05. Artinya terdapat perbedaan yang signivikan terhadap kemampuan minat belajar antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode Gallery Walk pada mata pelajaran biologi SMA Negeri 2 Fatuleu. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode gallery walk berpengaruh terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas X di SMA Negeri 2 Fatuleu.
Kata kunci:Metode Gallery Walk, Minat Belajar Siswa
Keterangan :
**: Dosen Pembimbing
* : Mahasiswa
383/22 | S 45 KIP-BIO 22 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain