Skripsi
Hubungan Pola Asuh orang tua dengan Kemandirian Belajar Siswa SMP Negeri Naumang Kecamatan Alor Timur Kabupaten Alor di Masa Pandemi Covid-19
ABSTRAK
HUBUNGAN POLA SUH ORANG TUA DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP NEGERI NAUMANG KECAMATAN ALOR TIMUR KABUPATEN ALOR DI MASA PANDEMI COVID-19
Mowata I, Y.)* Manu T, S, N.)** Koroh, T.)**
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh otoriter, demokratis dan permsif terhadap kemandirian belajar siswa SMP Negeri Naumang, Kecamatan Alor Timur, Kabupaten Alor di Masa Pandemi COVID-19. Populsai dalam Penelitian ini sebanyak 100 orang dan diambil 80 orang menjadi sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif korelasional, menggunakan teknik random Sampling. Teknik penggumpulan data menggunakan koesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment diperoleh hasil rhitung>rtabel dengan signifikan 0.05 % rx1y>rtabel = 0.805, >0,632, rx2y > rtabel = 0.865 >0,602 dan rx3y> rtabel = 0.762>0,553. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan oleh peneliti bahwa pola asuh yang diterapkan orang tua XI dan X2 mempunyai hubungan yang sangat kuat terhadap kemandirian belajar siswa sedangkan pola asuh yang diterapkan orang tua X3 mempunyai hubungan yang kuat terhadap kemandirian belajar siswa. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua Otoriter, Demokratis, Perimisif dengan kemandirian belajar siswa SMP Negeri Naumang Kecamatan Alor Timur Kabupaten Alor di Masa Pandemi COVID-19.
Kata kunci : Pola asuh Orang Tua, Kemandirian Belajar.
Keterangan * ) = Peneliti
**) = Pembimbing
296/22 | S 02 KIP-BIO 22 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain