PERPUSTAKAAN PUSAT UKAW

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Strategi Eksperiental Learning terhadap Hasil Belajar Kognitif siswa di SMP Negeri 1 Pantai Baru tahun ajaran 2020/2021

Skripsi

Pengaruh Strategi Eksperiental Learning terhadap Hasil Belajar Kognitif siswa di SMP Negeri 1 Pantai Baru tahun ajaran 2020/2021

LEOANAK, Nurnuvita - Nama Orang;

ABSTRAK

PENGARUH STRATEGI EKSPERIENTAL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DI SMP NEGERI 1 PANTAI BARU TAHUN AJARAN 2020/2021
Leoanak, N)* Manu, Th. S. N)** Tnunay, P)**

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi Exsperiental Learning terhadap hasil belajar kognitif siswa. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian Quasi-Experimental-Design dengan desain Posstest-Only Control Design. Populasi seluruh siswa kelas VIII berjumlah 40 siswa dan sampel kelas VIIID dan kelas VIIIE berjumlah 44 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar. Data hasil belajar siswa yang diperoleh dianalisis menggunakan Uji t, dengan bantuan SPSS For Windows versi 25.0. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung>ttabel atau 20,185>2,018 dengan signifikan 0,000 atau kurang dari 0,5 hal tersebut menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas kontrol dan eksperimen . Hal ini dapat dilihat dari adanya pengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa, dimana pada kelas eksperimen memoeroleh nilai rata-rata sebesar 80,29 sedangkan pada kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata sebesar 52,35, ini dikarenakan model pembelajaran Exsperiental Learning tidak sebagai pengajar saja tetapi juga memberikan motivasi terhadap peserta didiknya, sehingga siswa sangat merasa bersemangat dan gembira serta timbul rasa percaya diri dalam belajar agar giat serta melakkukan hal positif berdasarkan level kecerdasannya. Selain itu juga dapat dilihat dari persentase hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari hasil belajar siswa pada kelas kontrol yaitu C1 89,81 %, C2 86,97% , C3 84,89% . Sehingga dapat disimpulkan adanya pengaruh yang signifikan dalam penggunaan strategi Eksperiental Learning terhadap hasil belajar kognitif.

Kata kunci : Strategi Eksperiental Learning, Hasil Belajar Kognitif.
Keterangan * ) = Peneliti
**) = Pembimbing


Ketersediaan
350/22S 170 KIP-BIO 21PTK PUSAT UKAWTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
S 170 KIP-BIO 21
Penerbit
Kupang : ukaw Fakultas KIP-Biologi., 2021
Deskripsi Fisik
xix, 51 hlm.: ill.; 30 cm + cd
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S 574.07 072 LEO p
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
BIOLOGI-STUDI DAN PENGAJARAN--PENELITIAN--ROTE
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Nurnuvita Leoanak
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN PUSAT UKAW
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Alamat : Jalan Adisucipto 147, Oesapa, Kupang NTT
Telp: +62 380 881584 dan +62 380 881050
Fax: +62 380 881677
Email: admin@ukaw.ac.id / ukaw_kupang@yahoo.co.id

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik