Skripsi
Analisis Pengaruh Persepsi Konsumen dan Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Suka Roti di Kota Kupang
ABSTRAK
ANALISIS PENGARUH PERSEPSI DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO SUKA ROTI DI KOTA KUPANG
Nama : Emerentiana Sue
Nim : 17413197
Fakultas : Ekonomi
Program Studi/JalurMinat : Manajemen/Pemasaran
Penelitian ini berjudul, “ Analisis pengaruh persepsi konsumen dan sikap konsumen terhadap keputuan pembelian pada toko Suka Roti di Kota Kupang”. Masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah : Pengaruh persepsi dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian pada toko Suka Roti di Kota Kupang. Tujuan penelitian yaitu: untuk mengetahui bagaiman pengaruh persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian pada toko Suka Roti di Kota Kupang dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh sikap konsumen terhadap keputusan pembelian pada toko Suka Roti di Kota Kupang, yang menjadi manfaat akademik dan perusahaan yaitu sebagai sumber ilmu dalam menambah wawasan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian dan bagi perusahaan sebagai bahan pertimbangan dalam mengevaluasi kebijakan yang dapat dilakukan untuk mengatasi kemungkinan terjadinya proses pemasaran yang dapat menurunkan persepsi dan sikap konsumen.
Yang menjadi konsep dalam penelitian ini yakni Aaker (2009:59) menjelaskan persepsi konsumen terhadap keseluruhan kualitas atau keunggulan suatu produk atau jasa berkaitan dengan yang diharapkan oleh konsumen. Selanjutnya Aaker menegaskan satu hal yaitu bahwa persepsi kualitas merupakan persepsi para konsumen, oleh sebab itu persepsi kualitas tidak dapat diterapkan secara obyektif. Selain itu persepsi konsumen akan melibatkan apa yang penting untuk konsumen karena setiap konsumen memiliki kepentingan yang berbeda-beda terhadap suatu produk atau jasa (Aaker, 2009:6). Menurut Etta Mamang Sangaji dan Sopiah (2013 : 176) sikap adalah inti dari perasaan suka atau tidak suka seseorang terhadap suatu objek tertentu. Sikap merupakan tanggapan perasaan seseorang terhadap objek tertentu. Sikap konsumen adalah tanggapan perasaan konsumen yang bisa berupa perasaan suka atau tidak suka terhadap objek tertentu, misalnya bagaimana sikap konsumen terhadap kinerja produk, bagaimana sikap konsumen terhadap merek perusahaan, bagaimana sikap konsumen terhadap harga produk, bagaimana sikap konsumen terhadap iklan produk perusahaan.
Y= 7.653+0.210+0.675+e.
Nilai konstanta =7.653 artinya apabila nilai variabel persepsi konsumen (X1), sikap konsumen (X2), sama dengan nol maka keputusan pembelian (Y) =7.653 poinNilai kofisien persepsi (X1) =0.210 artinya nilai variabel persepsi konsumen (X1) mengalami pengurangan 1 poin maka variabel keputusan pembelian (Y) akan berkurang sebesar 0.210.Nilai koefisien sikap konsumen (X2) = 0.675 artinya jika variabel sikap konsumen (X2) mengalami kenaikan 1 poin maka variabel keputusan pembelian (Y) akan meningkat sebesar 0.675.
Diketahui nilai signifikan untuk pengaruh variabel persepsi konsumen (X1) terhadap keputusan pembelian (Y) adalah 0.017>0,05, dan t tabel = t (α/2; n-k-1= (0,05/2;60-3-1) =(0,025;56) =1.672. Berarti nilai t hitung >t tabel (2,459 >1,672), maka Ha diterima dan Ho ditolak dengan damekian dapat disimpulkan bahwa persepsi konsumen (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) pada toko suka roti di Kota Kupang. Nilai signifikan untuk pengaruh variabel sikap konsumen (X1) terhadap keputusan pembelian (Y) adalah 0,000 < 0,05 , dan t tabel = t (α/2; n-k-1)=(0,05/2;60-3-1)=(0,025;60)=1.672. Berarti nilai t hitung > t tabel (5,512>1,672), maka Ha diterima dan Ho ditolak dengan demikian dapat disumpulkan bahwa sikap konsumen (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian(Y) pada toko suka roti di Kota Kupang.
Berdasarkan landasan teori dan disertai dengan hasil penelitian yang telah dibahas pada bab sebelumnya dapat disimpulkan yaitu: bahwa persepsi konsumen dan sikap konsumen memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada toko Suka Roti di Kota Kupang.
Disarankan Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini bisa digunakan sebagai bahan perbandingan dan referensi untuk penelitian, dan sebagai bahan pertimbangan untuk lebih memperdalam penelitian selanjutnya dengan menggunakan variabel yang sama.
Kata Kunci; Persepsi konsumen (X1), Sikap Konsumen (X2), Dan Keputusan Pembelian (Y)
664/22 | S 83 EKN 22 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain