PERPUSTAKAAN PUSAT UKAW

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Meningkatkan kerja sama siswa dalam pembelajaran penjas orkes menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw

Skripsi

Meningkatkan kerja sama siswa dalam pembelajaran penjas orkes menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw

LOBANG, Jemi Adrianus - Nama Orang;

ABSTRAK

MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA DALAMPEMBELAJARANPENJASORKESMENGGUNAKAN MODELCOOPERATIVELEARNING
TIPE JIGSAW

Jemi Adrianus Lobang1*, David Loba2, Pnatmo W. Masi3

1,2,3Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Artha Wacana, Kupang, Indonesia

email. jemiadrianuslobang89@gmail.com


Latar belakang: Permasalahan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran yang belum tepat dalam proses belajar mengajar dan fasilitas yang digunakan kurang memadai sehingga menurunnya kerjasama siswa dalam pemebelajaran penjasorkes.

Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama siswa dalam pembelajaran penjasorkes menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw

Metode penelitian: Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, refleksi.

Hasil dan pembahasan: Hasilpenelitianmenunjukanbahwakerjasama siswa berdasarkan lembar kuesioner pada siklus 1 yaituberdampakpositif, haliniterlihatpadahasilketuntasanbelajarsiswa yang melebihi KKM yang telahditetapkanyaitu 76mengalamipeningkatanpadasiklus1kesiklus2sebesar75,41% (siklus1) menjadi81,76% (siklus2).

Simpulan: Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kerjasama siswa mengalami peningkatan setelah di terapkannya model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dalam pembelajaran penjasorkes

Katakunci: Kerjasama siswa, model cooperative learning tipe jigsaw.


Ketersediaan
570/22S 21 KIP-OR 22PTK PUSAT UKAWTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
S 21 KIP-OR 22
Penerbit
Kupang : UKAW FKIP-PJKR., 2022
Deskripsi Fisik
xvi, 69 hal.: ill.; bibl.; lamp.; 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S 371. 9 072 LOB m
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PENDIDIKAN DAN LATIHAN JASMANI--PENELITIAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Jemi adrianus Lobang
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN PUSAT UKAW
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Alamat : Jalan Adisucipto 147, Oesapa, Kupang NTT
Telp: +62 380 881584 dan +62 380 881050
Fax: +62 380 881677
Email: admin@ukaw.ac.id / ukaw_kupang@yahoo.co.id

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik