Skripsi
Meningkatkan kerja sama siswa dalam pembelajaran penjas orkes menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw
ABSTRAK
MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA DALAMPEMBELAJARANPENJASORKESMENGGUNAKAN MODELCOOPERATIVELEARNING
TIPE JIGSAW
Jemi Adrianus Lobang1*, David Loba2, Pnatmo W. Masi3
1,2,3Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Artha Wacana, Kupang, Indonesia
email. jemiadrianuslobang89@gmail.com
Latar belakang: Permasalahan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran yang belum tepat dalam proses belajar mengajar dan fasilitas yang digunakan kurang memadai sehingga menurunnya kerjasama siswa dalam pemebelajaran penjasorkes.
Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama siswa dalam pembelajaran penjasorkes menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw
Metode penelitian: Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, refleksi.
Hasil dan pembahasan: Hasilpenelitianmenunjukanbahwakerjasama siswa berdasarkan lembar kuesioner pada siklus 1 yaituberdampakpositif, haliniterlihatpadahasilketuntasanbelajarsiswa yang melebihi KKM yang telahditetapkanyaitu 76mengalamipeningkatanpadasiklus1kesiklus2sebesar75,41% (siklus1) menjadi81,76% (siklus2).
Simpulan: Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kerjasama siswa mengalami peningkatan setelah di terapkannya model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dalam pembelajaran penjasorkes
Katakunci: Kerjasama siswa, model cooperative learning tipe jigsaw.
570/22 | S 21 KIP-OR 22 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain