Skripsi
Proses pembelajaran lompat jauh pada masa pandemic untuk siswa kelas V SD GMIT Bolok
ABSTRAK
PROSES PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH PADA MASA PANDEMIC UNTUK SISWA KELAS V SD GMIT BOLOK
Meki Amrosius Lake1*, Dr. Andreas J. F. Lumba2, Melvianus Selan3
1,2,3Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Artha Wacana, Kupang, Indonesia
email. mekilake@gmail.ac.id
Latar belakang:Guru pendidikan jasmaniolahraga dan kesehatan harus memiliki kemampuan mengelola pembelajaran, perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar pembelajaran lompat jauh dengan baik.
Tujuan penelitian:Untuk pengetahui proses pembelajaran lompat jauh pada masa Pandemic untuk siswa kelas V SD GMIT Bolok.
Metode penelitian:Jenis Penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data meliputi penyajian data, pengolahan data, penarikan kesimpulan.Pengujian keabsahan data meliputi kredibilitas, transferbilitas, dependabilitas dan konfermabilitas.
Hasil dan pembahasan:Proses pembelajaran lompat jauh pada masa pandemic untuk siswa SD GMIT Bolok, saat ini dilaksanakan secara online yaitu melalui media group whatshapp, materi dan penjelasan pelaksanaan yang dilengkapi dengan video pembelajaran lompat jauh. Strategi pembelajaran lompat jauh pada masa Pandemic Covid 19, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat belajar mandiri melalui video.Tujuan dari strategi untuk mambantu siswa dalam hasil belajar pada domain afektif, kognitif dan psikomotor.Metode pembelajaran ceramah melalui media online sedangkan demonstrasi, siswa dapat melakukan gerakan sendiri dengan bimbingan oleh guru dan orang tua.
Simpulan:Proses pembelajaran lompat jauh dilaksanakan secara online dan sekolah memberikan kesempatan kepada siswa untuk bimbingan belajar. Penggunaan metode dan strategi sangat berpengaruh besar terhadap pertumbuhan dan perkembangan kreatifitas serta minat belajar siswa.
Katakunci: Proses Pembelajaran; lompat jauh; masa pandemic
552/22 | S 100 KIP-OR 21 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain