Skripsi
Pembelajaran bola basket dengan pendekatan bermain untuk meningkatkan motivasi siswa kelas VIII dalam mengikuti pembelajaran penjas orkes di SMP Negeri 1 Maurole Kabupaten Ende
ABSTRAK
PEMBELAJARAN BOLA BASKET DENGAN PENDEKATAN BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA KELAS VIII DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENJASORKES DI SMP NEGERI 1 MAUROLE KABUPATEN ENDE
Marselinus Efos Regho1*, Jusuf Blegur2, Julian Jeminel Leko3
1,2,3Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Artha Wacana, Kupang, Indonesia
email. efosregho@gmail.co.id
Latar belakang: Pendidikan jasmani adalah suatu proses pembelajaran melalui aktifitas jasmani yang di desain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi.
Tujuan penelitian: Untuk meningkatkan motivasi siswa kelas VIII dalam mengikuti pembelajaran permainan bola basket dengan pendekatan bermain.
Metode penelitian: Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dalam bidang pendidikan yang dilaksanakan dalam kawasan kelas dengan tujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Secara singkat PTK dapat didefenisikan sebagai suatu bentuk penelaahan penelitian yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan meningkatkan praktik-praktik pembelajaran di kelas secara professional.
Hasil dan pembahasan: Hasil penilaian motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran bola basket dengan pendekatan bermain pada tahap pra siklus dan siklus I belum menunjukkan perubahan yang signifikan. Penilaian motivasi siswa pra siklus paling banyak berada pada kategori cukup yaitu sebesar 60% sedangkan pada kategori kurang sebanyak 40%. Pada siklus I penilaian motivasi siswa yang berada kategori cukup yaitu sebanyak 86,7%. Pada siklus I juga ditemukan masih banyak siswa yang belum aktif dalam mengikuti pembelajaran.Penilaian motivasi pada siklus II menunjukkan perubahan yang signifikan yaitu 100% siswa memiliki motivasi yang berada pada kategori baik.Pada siklus II ditemukan banyak siswa yang mulai aktif mengikuti pembelajaran.
Simpulan:Pembelajaran bola basket dengan pendekatan bermain meningkatkan motivasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Maurole dalam mengikuti pelajaran Penjasorkes.
Kata kunci: Pendekatan bermain, Motivasi siswa, Penjasorkes.
546/22 | S 91 KIP-OR 21 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain