PERPUSTAKAAN PUSAT UKAW

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Model pembelajaran hellison dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada SMA N. 1 Kota Kupang

Skripsi

Model pembelajaran hellison dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada SMA N. 1 Kota Kupang

NDAUMANU, Anugrah Vital Perkasa - Nama Orang;

ABSTRAK

MODEL PEMBELAJARAN HELLISON DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENJASORKES SISWA SMA NEGERI 1 KOTA KUPANG

Anugrah V. P. Ndaumanu1*, Agustinus J. Nafie2, Jimmy Ch.Atty3

1,2,3Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Artha Wacana, Kupang, Indonesia

email. avisndaumanu98@gmail.com


Latar belakang: Model pembelajaranHellisonadalah model rekontruksisosial yang cocokdigunakanuntukpermasalahanmengenaisikaptanggungjawab, sebagaimana model pembelajaraniniditerapkandisekolahuntukmembinasiswa agar mengertimengenaisikaptanggungjawabsaatmengikutipembelajarandanberlatih rasa tanggungjawabpribadi (self-responsibility) yang dikemasdalampendidikanjasmani.

Tujuan penelitian: Untukmengetahuimodel pembelajaranHellisondalammeningkatkanhasilbelajarPenjasorkespadaSiswa SMA Negeri 1 Kupang.

Metode penelitian: PenelitianinidilakukandenganmenggunakanmetodePenelitianTindakanKelas (PTK) atau Class Action Research (CAR) yang dilaksanakandalambentuksiklusberulangdengandidalamnyaterdapatempattahapanutamakegiatanyaituperencanaan, pelaksanaan, observasidanrefleksi.

Hasil dan pembahasan: Berdasarkanhasilpengamatanpadasiklus I, masih terdapat beberapa kekurangan yang menyebabkan hasil tes pada siklus 1 belum mencapai kriteria keberhasilan yang ditetapkan yakni jumlah siswa dalam kelas belum dapat mnyerap materi sebesar 75% dari jumlah keseluruhan dari nilai rata-rata kelas belum mencapai standar ketuntasan minimum sebasar 75 sehingga penelitian dilanjutkan ke siklus berikutnya,diketahuibahwadari 36 siswa yang mengikutitespadasiklus II terdapat 32siswa yang dinyatakantuntasdan 4siswa yang dinyatakantidaktuntas. Dengandemikian, ketuntasankelas yang diperolehdarihasilanalisispadasikus II inisebesar88,88%.

Simpulan: Berdasarkanhasildaripenelitian yang telahdilaksanakanmakadapatdisimpulkanbahwa:Model pembelajarankooperatif tipe Hellisondapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelas X IPS 5 Kota Kupang padapokok bahasan Bola Volli.

Katakunci: Pembelajaran hellison, hasilbelajar.


Ketersediaan
580/22S 25 KIP-OR 22PTK PUSAT UKAWTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
S 25 KIP-OR 22
Penerbit
Kupang : UKAW FKIP-PJKR., 2022
Deskripsi Fisik
xvi, 76 hal.: ill.; bibl.; lamp.; 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S 371. 9 072 NDA m
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PENDIDIKAN DAN LATIHAN JASMANI--PENELITIAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Anugrah Vital Perkasa Ndaumanu
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN PUSAT UKAW
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Alamat : Jalan Adisucipto 147, Oesapa, Kupang NTT
Telp: +62 380 881584 dan +62 380 881050
Fax: +62 380 881677
Email: admin@ukaw.ac.id / ukaw_kupang@yahoo.co.id

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik