Skripsi
Pengaruh Sales promotion yang Efektif dlam Meningkatkan Volume Penjualan Sparepart pada PT. Jambi Mitra Sejati Kupang
ABSTRAK
PENGARUH SALES PROMOSION YANG EFEKTIF DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN SPAREPART PADA PT. JAMBI MITRA SEJATI KUPANG
Berkembangnya teknologi kini dapat meningkatkan kegunaan dan fungsi spare part yang digunakan kendaraan motor maupun mobil. Setiap kendaran memiliki banyak komponen. Komponen-komponen kendaraan tersebut yang disebut dengan istilah spare part (suku cadang). Spare Part adalah suatu barang yang terdiri dari beberapa komponen yang membentuk satu kesatuan dan mempunyai fungsi tertentu. PT. Mitra Jambi Sejahtera merupakan salah satu perusahaan spare part di kota Kupang. PT. Mitra Jambi Sejahtera mengembangkan usaha yakni sebagai agen penyedia spare part karena peluang banyaknya kendaraan yang ada saatnya di wilayah Kupang. Selain itu, PT. Mitra Jambi Sejahtera berpendapat bahwa dalam jangka panjang sebuah kendaraan akan mengalami suatu kerusakan atau pergantian komponen-komponen yang ada sehingga perusahaan menyediakan spare part tersebut.
PT Mitra Jambi Sejahtera menyediakan Sales promosion yang mempunyai peran dalam mendistribusikan, mempromosikan produk dan menjual produk yang digunakan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan kendaraan mereka. PT Mitra Jambi Sejahtera mengalami perkembangan dalam menjual produk-produk spare part. Oleh karena itu, sales promotion dalam sebuah produk sangat diperlukan hal ini dikarenakan untuk menarik minat pembeli. Setelah mendapatkan penawaran dan penjelasan sales promotion, biasanya calon pembeli berpikir untuk mencoba produk atau sekedar menerima sampel/brosur yang disodorkan oleh sales promotion. Sampel atau brosur inilah yang kemudian menjadi sebuah awal jembatan adanya komunikasi antara sales promotion dan calon pembeli.
Sales promotion atau promosi penjualan adalah salah satu tipe marketing yang biasanya digunakan untuk memperkenalkan produk baru, menghabiskan produk lama, dan tentu saja menaikkan angka penjualan. Umumnya, sales promotion berlangsung sementara, ditujukan untuk menaikkan minat pembeli terhadap produk dan dilakukan oleh perusahaan saat momen-momen tertentu saja. Volume penjualan adalah pencapaian yang dinyatakan secara kuantitatif dari segi fisik atau volume atau unit suatu produk. Dalam kegiatan pemasaran kenaikan volume penjualan merupakan ukuran efisiensi, meskipun tidak setiap kenaikan volume penjualan diikuti dengan kenaikan laba. Jadi dapat diartikan bahwa volume penjualan adalah jumlah dari kegiatan penjualan suatu produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan dalam suatu ukuran waktu tertentu.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan di PT. jambi mitra sejati Kupang pengambilan sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 orang dari keseluruhan populasi serta teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuisioner. Untuk mendefenisikan indikator empirik dari konsep ini sebagai unsur analisis lanjutan peneliti menggunakan analisis Regresi Linear Berganda dimana penulis ingin mengetahui pengaruh Uji-t Secara Parsial, Pengujian hipotsis dengan Uji F (Simulta), Uji Koefisien Determinasi (R2).
Diketahui bahwa dari 50 responden didominasi oleh pria sebesar 64% dengan jumlah 32 orang dan wanita sebesar 36% dengan jumlah 18 orang responden paling banyak berumur 31-37 tahun atau sebesar 48% dengan jumlah 24 orang, berumur 24-30 tahun atau sebesar 20% dengan jumlah 10 orang, berumur 45-52 tahun atau sebesar 14% dengan jumlah 7 orang, berumur 38-44 tahun atau sebesar 12% dengan jumlah 6 orang serta berumur 17-23 tahun atau sebesar 6% dengan jumahl 3 orang dan responden paling sedikit berumur 52-58 tahun atau sebesar 0. Model persamaan regresi yang dapat dituliskan Y = 3,749 + 1,257 + e hasil pengujian t menunjukan nilai t hitung dari variabel bebas harga sebesar 12,218 dengan tingkat signifikan 0,000 yang lebih besar dari 0,05 sehingga variabel bebas berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat. Diperoleh nilai F hitung 149,284 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 dan angka R square sebesar 0,757 atau 7,57%. Hal ini menunjukan bahwa presentasi sumbangan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 7,57% sedangkan sisanya dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam model penelitian ini.
Kata Kunci: Sales Promotion Dan Volume Penjualan
672/22 | S 76 EKN 22 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain