Skripsi
Penerapan Permainan Lompat Katak dalam efektivitas pembelajaran lompat jauh gaya jongkok pada siswa Kelas IV SDK Manufui II Kabupaten Belu
ABSTRAK
ANTONIUS KAESNUBE, NIM: 10320164, Judul skripsi “Penerapan Permainan Lompat Katak Dalam Efektivitas Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Jongkok pada Siswa Kelas IV SDK Manufui II Kabupaten TTU.†Universitas Kristen Artha Wacana Kupang, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Rekreasi, Pembimbing I Agustinus J. Nafie,S.Pd.M.Or dan Pembimbing II Jimmy CH. Atty,S.Pd. M.Fis.
Kata kuncu: Permainan, Lompat katak, Lompat Jauh Gaya Jongkok.
Pelaksanaan proses pembelajaran Lompat Katak di SDK Manufui II masih banyak di temukan masalah di antaranya adalah kurangnya penguasaan teknik atau cara melompat. Berdasarkan batasan masalah tersebut maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut bagaimana penerapan permainan lompat katak dalam efektivitas pembelajaran lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas IV SDK Manufui II kec. Biboki Selatan Kab. TTU. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penerapan permainan lompat katak dalam efektivitas pembelajaran lompat jauh gaya jongkok. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif, teknik pengumpulan datanya yaitu dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa implementasi lompat katak oleh guru dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDK Manufui II. Hasil observasi di lapangan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Permainan adalah salah satu aspek penting dari kehidupan anak dan salah satu alat paling penting untuk menatalaksanakan stres karena hospitalisasi menimbulkan krisis dalam kehidupan anak, dan karena situasi tersebut sering disertai stress berlebihan, maka anak-anak perlu bermain untuk mengeluarkan rasa takut dan cemas yang mereka alami. Permainan sangat penting bagi mental, emosional dan kesejahteraan anak seperti kebutuhan perkembangan dan kebutuhan permainan tidak juga terhenti pada saat anak sakit atau anak di rumah sakit (Wong, 2009). Lompat katak merupakan gerakan melompat dengan kedua kaki bersama-sama menyerupai lompatan yang dilakukan oleh katak. Geraka lompat katak diawali dengan berdiri, tangan berada di belakang badan saat akan melakukan lompatan. Setelah itu jongkok dengan kedua kaki ditekukdan kedua tangan kedepan untuk keseimbangan saat melompat. Permainan lompat katak diterapkan kepada siswa-siswi untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jonkok. Siswa-siswi SDK Manufui II melakukan lompatan dari simpai satu ke simpai yang lain dengan jarak simpai 50 cm dan jarak yang di tentukan antara garis star sampai dengan garis finis adalah 5 – 6 m. Jumlah Siswa yang melakukan lompat katak adalah 34 siswa dan kegiatan lompat katak dilakukan dengan bertahap. Tahap yang pertama dilakukan oleh 3 orang sampai dengan selesai. Lompat jauh gaya jongkok adalah suatu gerakan melompat kedepan atas dalam upaya membawa titik berat badan selama mungkin di udara yang dilakukan dengan cepat dan melakukan tolakan dengan satu kaki untuk mencapai jarak yang sejauh-jauhnya. Hasil pembelajaran dapat berubah atau meningkat pada pembelajaran lompat katak dan lompat jauh gaya jongkok bagi siswa kelas IV SDK Manufui II adalah siswa-siswi harus fokus pada saat pembelajaran berlangsung dan harus melakukan aktifitas olahraga yang serius. Berdasarkan hasil penelitian tentang penerapan permainan lompat katak dalam efektivitas pembelajaran lompat jauh gaya jongkok pada siswa SDK Manufui II baik karna guru penjas melakukan peranannya dan memberikan teknik lompat katak dan lompat jauh gaya jongkok dengan baik.
580/16 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain