PERPUSTAKAAN PUSAT UKAW

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Skripsi

Penerapan Permainan Lompat Katak dalam efektivitas pembelajaran lompat jauh gaya jongkok pada siswa Kelas IV SDK Manufui II Kabupaten Belu

KAESNUBE, Antonius - Nama Orang;

ABSTRAK
ANTONIUS KAESNUBE, NIM: 10320164, Judul skripsi “Penerapan Permainan Lompat Katak Dalam Efektivitas Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Jongkok pada Siswa Kelas IV SDK Manufui II Kabupaten TTU.” Universitas Kristen Artha Wacana Kupang, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Rekreasi, Pembimbing I Agustinus J. Nafie,S.Pd.M.Or dan Pembimbing II Jimmy CH. Atty,S.Pd. M.Fis.
Kata kuncu: Permainan, Lompat katak, Lompat Jauh Gaya Jongkok.
Pelaksanaan proses pembelajaran Lompat Katak di SDK Manufui II masih banyak di temukan masalah di antaranya adalah kurangnya penguasaan teknik atau cara melompat. Berdasarkan batasan masalah tersebut maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut bagaimana penerapan permainan lompat katak dalam efektivitas pembelajaran lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas IV SDK Manufui II kec. Biboki Selatan Kab. TTU. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penerapan permainan lompat katak dalam efektivitas pembelajaran lompat jauh gaya jongkok. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif, teknik pengumpulan datanya yaitu dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa implementasi lompat katak oleh guru dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDK Manufui II. Hasil observasi di lapangan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Permainan adalah salah satu aspek penting dari kehidupan anak dan salah satu alat paling penting untuk menatalaksanakan stres karena hospitalisasi menimbulkan krisis dalam kehidupan anak, dan karena situasi tersebut sering disertai stress berlebihan, maka anak-anak perlu bermain untuk mengeluarkan rasa takut dan cemas yang mereka alami. Permainan sangat penting bagi mental, emosional dan kesejahteraan anak seperti kebutuhan perkembangan dan kebutuhan permainan tidak juga terhenti pada saat anak sakit atau anak di rumah sakit (Wong, 2009). Lompat katak merupakan gerakan melompat dengan kedua kaki bersama-sama menyerupai lompatan yang dilakukan oleh katak. Geraka lompat katak diawali dengan berdiri, tangan berada di belakang badan saat akan melakukan lompatan. Setelah itu jongkok dengan kedua kaki ditekukdan kedua tangan kedepan untuk keseimbangan saat melompat. Permainan lompat katak diterapkan kepada siswa-siswi untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jonkok. Siswa-siswi SDK Manufui II melakukan lompatan dari simpai satu ke simpai yang lain dengan jarak simpai 50 cm dan jarak yang di tentukan antara garis star sampai dengan garis finis adalah 5 – 6 m. Jumlah Siswa yang melakukan lompat katak adalah 34 siswa dan kegiatan lompat katak dilakukan dengan bertahap. Tahap yang pertama dilakukan oleh 3 orang sampai dengan selesai. Lompat jauh gaya jongkok adalah suatu gerakan melompat kedepan atas dalam upaya membawa titik berat badan selama mungkin di udara yang dilakukan dengan cepat dan melakukan tolakan dengan satu kaki untuk mencapai jarak yang sejauh-jauhnya. Hasil pembelajaran dapat berubah atau meningkat pada pembelajaran lompat katak dan lompat jauh gaya jongkok bagi siswa kelas IV SDK Manufui II adalah siswa-siswi harus fokus pada saat pembelajaran berlangsung dan harus melakukan aktifitas olahraga yang serius. Berdasarkan hasil penelitian tentang penerapan permainan lompat katak dalam efektivitas pembelajaran lompat jauh gaya jongkok pada siswa SDK Manufui II baik karna guru penjas melakukan peranannya dan memberikan teknik lompat katak dan lompat jauh gaya jongkok dengan baik.


Ketersediaan
580/16PTK PUSAT UKAWTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
S 152 KIP-OR 16
Penerbit
Kupang : UKAW FKIP Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi., 2016
Deskripsi Fisik
xii, 36 hal.; bibl.; ilus.; lamp.; ind.; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S 796.432 072 598 556
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
LOMPAT JAUH--PENELITIAN--BELU
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Antonius Kaesnube
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN PUSAT UKAW
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Alamat : Jalan Adisucipto 147, Oesapa, Kupang NTT
Telp: +62 380 881584 dan +62 380 881050
Fax: +62 380 881677
Email: admin@ukaw.ac.id / ukaw_kupang@yahoo.co.id

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik