Skripsi
Tinjauan tentang minat dan motivasi siswa terhadap proses pembelajaran PENJASORKES senam ketangkasan siswa di SD Inpres Tubaki Kecamatan Nanaet Dubesi Kabupaten Belu
ABSTRAK
PETRUS BRIA MANEK, Nim: 12320249, Tinjauan tentang minat dan motivasi siswa terhadap proses pembelajaran Penjasorkes Senam Ketangkasan siswa di SDI Tubaki Kecamatan Nanaet Dubesi , skripsi.Program Studi Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan Dan Rekreasi Universitas Kristen Artha Wacana Kupang. Pembimbing I Bapak Agustinus J. Nafie, S.Pd., M.Or,pembimbing II Bapak Jimmy CH. Atty, S.Pd., M.Fis.
Kata Kunci: Minat , motivasi, siswa, pembelajaran, Penjasorkes,Senam Ketangkasan.
1).Minat dan motivasi siswa terhadap proses pembelajaran Penjasorkes Senam Ketangkasan siswa di SDI Tubaki Kecamatan Nanaet Dubesi.2).Sarana prasarana berpengaruh terhadap hasil belajar pada pelajaran Penjasorkes Senam Ketangkasan siswa di SDI Tubaki Kecamatan Nanaet Dubesi. 3.Factor-factor yang berpengaruh terhadap hasil belajar pada pelajaran Penjasorkes Senam Ketangkasan siswa di SDI Tubaki Kecamatan Nanaet Dubesi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat dan motivasi siswa terhadap proses pembelajaran Penjasorkes Senam Ketangkasan siswa di SDI Tubaki Kecamatan Nanaet Dubesi Kecamatan Nanaet Duabesi Kabupaten Belu. Berdasarkan permasalahan yang diteliti, maka metode dan jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dimana penelitian ini dilakukan untuk meneliti peristiwa yang telah terjadi. Metode ini dipergunakan karena penelitian ini berusaha untuk meninjau tentang motivasi siswa terhadap proses pembelajaran Penjasorkes Senam Ketangkasan siswa di SDI Tubaki Kecamatan Nanaet Dubesi. Dan dalam penelitian kualitatif metode kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa data-data tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati.Hasil temuan, Peneliti melakukan observasi secara secara bertahap untuk mengetahui minat dan motivasi siswa untuk mengikuti proses pembelajaran penjasorkes senam ketangkasan yaitu: a.Observasi peneliti minggu pertama, b.Observasi peneliti minggu ke dua, c.Observasi peneliti minggu ke tiga, d.Observasi peneliti minggu ke empat.Melalui hasil pengamatan peneliti dan dengan hasil wawancara yang di peroleh maka peneliti menyimpulkan bahwa, latar belakang dan kehidupan siswa yang berbeda-beda dapat membuat minat dan motivasi belajar siswa yang berbeda pula. Oleh sebab itu sebagai seorang guru, merangkul serta melakukan pendekatan secara menyuluruh, agar siswa dapat merasakan kepedulian dari guru mata pelajaran tersebut sehingga aktivitas pembelajaran dapat menyenangkan dan memperoleh hasil yang memuaskan.
597/16 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain