Skripsi
Partisipasi siswa dalam implementasi model pembelajaran timbal balik (Reciprocal Teaching) pada materi Pola Hidup Sehat di Kelas X SMK Negeri 2 Kupang
ABSTRAKSI
FERDINANDUS MOA BERO. NIM. 12320108. PARTISIPASI SISWA DALAM IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TIMBAL BALIK (RECIPROCAL TEACHING) PADA MATERI POLA HIDUP SEHAT DI KELAS X SMK NEGERI 2 KUPANG. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Artha Wacana Kupang. Pembimbing (I) James K. Lika, S.Pd.,M.Pd. Pembimbing (II) Ramona M. Mae, S.Pd.,M.Or.
Kata kunci: Partisipasi, Implementasi, Model Pembelajaran Timbal Balik (Reciprocal Teaching).
Strategi pembelajaran adalah suatu cara untuk mengarahkan siswa tentang bagaimana belajar, bagaimana berpikir dan bagaimana memotivasi diri sendiri. Dalam hal ini strategi pembelajaran termasuk pemilihan model, metode, pendekatan, materi ajar, fasilitas atau media belajar harus disesuaikan dengan karakter peserta didik. Model pembelajaran timbal balik (reciprocal teaching) sangat penting dan cocok untuk kebutuhan belajar siswa SMK Negeri 2 Kupang karena dapat menekankan pada kerjasama siswa dalam suatu kelompok sehingga setiap anggotanya dapat berkomunikasi dengan nyaman dalam menyampaikan pendapat ataupun bertanya tentang materi yang dibahas . Berdasarkan permasalahan diatas, maka Penulis merumuskan masalah yaitu bagaimana partisipasi siswa dalam implementasi model pembelajaran timbal balik (reciprocal teaching) pada materi pola hidup sehat di kelas X SMK Negeri 2 Kupang?. Dengan tujuan yang hendak dicapai adalah untuk mendeskripsikan partisipasi siswa dalam implementasi model pembelajaran timbal balik (reciprocal teaching) pada materi pola hidup sehat di kelas X SMK Negeri 2 Kupang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Dan hasil temuan tentang partisipasi siswa dalam implementasi model pembelajaran timbal balik (reciprocal teaching) pada materi pola hidup sehat di kelas X SMK Negeri 2 Kupang dimana dalam penerapan model pembelajaran tersebut oleh guru Penjas sangat membawa dampak yang positif karena siswa merasa lebih nyaman, aktif dan lebih berani untuk berbicara dan mengeluarkan pendapat tentang materi yang dibahas dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).
624/16 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain