Skripsi
Kreatifitas guru Penjasorkes dalam memodifikasi sarana Bola Voli di SMP Adhyaksa Kota Kupang
ABSTRAK
Yanuarius Dadi, NIM 12320330, “Kreatifitas Guru Penjasorkes Dalam Memodifikasi Sarana Bola Voli Di SMP Adhyaksa Kota Kupangâ€ÂÂ. Skripsi, Program Studi PJKR FKIP Universitas Kristen Artha Wacana Kupang. Pembimbing I Bapak Dr. Andreas J.F. Lumba, M.Pd dan Pembimbing II James K. Lika S.Pd, M.Pd
Kata kunci: Kreatifitas, Guru Penjasorkes, Memodifikasi, Sarana.
Latar belakang masalah dalam penelitian ini yaitu berdasarkan observasi awal yang menunjukkan, bahwa jumlah kelompok belajar lebih besar dari sarana bola voli yang ada. Hal inilah yang melatar belakangi peneliti untuk melakukan penelitian dengan tujuan untuk Kreatifitas guru penjas orkes dalam memodifikasi sarana bola voli di SMP Adhyaksa 2 Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif naturalistil yakni untuk mendapatkan data-data dari tempat penelitiansesuai dengan kenyataan yang dilihat dan didengar oleh peneliti, yang dilakukan selama 2 (dua) bulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: 1) observasi, 2) wawancara, dan 3) dokumentasi. Peran peneliti dalam penelitian ini yaitu sebagai instrument kunci (key instrumens) sedangkan informan dalam penelitian ini yaitu: kepala sekolah, guru penjas, dan siswa. Semua data temuan peneliti dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) karkteristik bola yang dimodifikasi sudah mencerminkan Developmentally Appropriate Practice (DAP) baik dari sisi bentuk, ukuran, dan berat. 2) pemanfaatan saran yang dimodifikasi yaitu bola plastik sangat bermanfaat dan efektif dimana siswa terlibat secara masal dengan memperhatikan essensi modifikasi dan kurikulum. 3) hasil yang diperoleh setelah menggunakan sarana yang dimodifikasi yaitu tujuan dari guru sendiri telah tercapai dimana dari 20 orang siswa hanya 2 orang siswa yang belum mencapai tujuan tersebut. Sedangkan dari siswa sendiri yaitu siswa mendapat pengalaman belajar yang lebih bermakna. Dengan demikian, maka saran yang peneliti sampaikan kepada guru penjas dan kepala sekolah agar kedepannya bisa memfasilitasi siswa dari sisi sarana pembelajaran penjas yang saat ini masih belum memadaik baik lewat memodifikasi alat yang harus sesuai dengan karakteristik siswa, materi, dan jumlah kelompok belajar sehingga siswa lebih aktif terlibat dalam proses pembelajaran guna meningkatkan kualitas pembelajaran yang sistematis sesuai RPP yang mengacu pada modifikasi seperti alat, ukuran lapangan, waktu bermain, dan aturan permainan sehingga tidak terlalu mengikat anak dalam bergerak sehingga kegiatan belajar mengajar penjas bisa berjalan secara efektif.
642/16 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain