Skripsi
Tinjauan tentang proses pembelajaran Lompat Jauh pada siswa kelas VIII SMP Turiskain Kabupaten Belu
ABSTRAKSI
YULIUS A.MAU, NIM : 12320363, dengan judul : “Tinjauan tentang proses pembelajaran lompat jauh pada siswa kelas VIII SMP Negeri Turiskain Kabupaten Belu â€ÂÂ,pada program studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Regreasi (PJKR) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Artha Wacana Kupang, dengan Dosen Pembimbing I Dr.ANDREAS J.F. LUMBA, M.Pd., Pembimng II Drs. ALEXANDER ENA ,M.Si.
Kata Kunci : proses pembelajaran lompat jauh.
Penddidikan jasmani merupakan suatu proses pembelajaran yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan hidup aktif serta sikap sportif melalui kegiatan pendidikan jasmani. Dalam kehidupan modern manusia tidak dapat dipisahkan dari olahraga, baik sebagai arena adu prestasi maupun sebagai kebutuhan untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat. Olahraga mempunyai peranan yang penting dalam kehidupan manusia. Melalui olahraga dapat dibentuk manusia yang sehat jasmani, rohani serta mempunyai kepribadian, disiplin, sportifitas yang tinggi sehingga pada akhirnya akan terbentuk manusia yang berkualitas. Atas dasar pembatasan masalah seperti tersebut di atas, masalah dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: “ Bagaimana proses pembelajaran lompat jauh pada siswa kelas VIII SMP Negeri Turiskain Kabupaten Belu?†Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran lompat jauh pada siswa kelas VIII SMP Negeri Turiskain Kabupaten Belu. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan menemukan kualitas dan menggambarkan realitas yang terjadi secara alami. Proses pembelajaran Lompat Jauh di SMP negeri Turiskain yang peneliti mengobsevasi langsung pada hari selasa, tanggal 7 bulan juni 2016 pada jam 08.00, sesuai hasil obsevasi langsung oleh peneliti di lokasi penelitian tentang proses pembelajaran Lompat jauh, yang sering siswa lakukan dalam proses pemebelajaran Lompat Jauh adalah siswa sering bolos pada jam pelajaran penjas khususnya mata pelajaran Lompat Jauh, karena kurangnya sarana dan prasarana olahraga. Sehubungan dengan temuan dimana peneliti dapat memaparkan proses pembelajaran lompat jauh yang sering dilakukan oleh guru penjasorkes. Secara umum kondisi kegiatan pembelajaran lompat jauh di SMP Negeri Turiskain dapat digolongkan kurang baik dalam hal sarana dan prasarana pembelajaran lompat jauh, hal ini dilihat dari adanya sarana dan prasarana di sekolah yang tersedia, seperti jumlah bak lompat jauh ,maka dari itu pembelajaran lompat jauh belum dapat di golongkan baik karena kurangnya sarana dan prasarana.
638/16 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain