Skripsi
Upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran tolak peluru menggunakan media bola plastik pada siswa kelas V di SD Inpres Puan Desa Bokong Kecamatan Taebenu Kabupaten Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016
ABSTRAKSI
Supriyanto Taimenes, 10320089, 2015. “Upaya Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Tolak Peluru Menggunakan Media Bola Plastik Pada Siswa Kelas V Di SD Inpres Puan Desa Bokong Kecamatan Taebenu Kabupaten Kupang Tahun Pelajaran 2015â€ÂÂ. Skripsi, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Artha Wacana Kupang. Pembimbing I. Agustinus J. Nafie, S.Pd, M.Or, Dan Pembimbing II. M. Rambu P. Wasak, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Efaktivitas, Pembelajaran, Tolak Peluru, Media Bola Plastik.
Latar belakang masalah dalam penelitian ini yaitu minimnya sarana peluru sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa dan tidak efektifnya proses pembelajaran penjas. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian tindakan kelas ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar tolak peluru dengan media modifikasi bolaplastik, pada siswa kelas V di SD Inpres Puan Desa bokong kecamatan Taebenu Kabupaten Kupang Tahun Pelajaran 2015, dan sebagai pengumpul data adalah lembaran pengamatan aktifitas siswa yang diperoleh dari pelaksanaan tindakan atau unjuk kerja pada setiap tahapan penelitian dalam bentuk siklus yang didalam terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindkaan, pengamatan dan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Aktivitas siswa selama mengikuti proses pembelajaran tolak peluru dengan menggunakan media modifikasi bola plastik di kategorikan aktif. Dan setelah dilakukan silus kedua, aktivitas siswa mengalami peningkatan keaktifan rata-rata sebesar 80%. Kalau mengacu pada indicator keaktifan siswa, maka besaran keaktifan sebesar 80% termasuk kriteria sangat aktif. Rata-rata ketuntasan belajar untuk aspek awalan mencapai 80,62. Mengacu pada indicator hasil belajar siswa, nilai tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran awalan pada tolak peluru dengan menggunakan media modifikasi bola plastik, berkategori baik untuk, rata-rata ketuntasan belajar untuk aspek cara menolak mencapai 80,42. Mengacu pada indicator hasil belajar siswa, nilai tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran cara menolak pada tolak peluru dengan menggunakan media modifikasi bola plastik, berkategori baik. Rata-rata ketuntasan belajar untuk aspek sikap akhir mencapai 78,79. Mengacu pada indicator hasil belajar siswa, nilai tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran sikap akhir pada tolak peluru dengan menggunakan media modifikasi bola plastik, berkategori baik.
629/16 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain