Skripsi
Tinjauan tentang proses pembelajaran tolak peluru gaya menyamping menggunakan batu bulat pada siswa Kelas V SD bertingkat Naikoten Kota Kupang
ABSTRAKS
Jonias Beli, NIM: 11320129, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Kristen Artha Wacana Kupang, dengan penelitian yang berjudul: Tinjauan Tentang Proses Pembelajaran Tolak Peluru Gaya Menyamping Menggunakan Batu Bulat Pada Siswa Kelas V SD Bertingkat Naikoten Kota Kupang. Dosen Pembimbing I James K. Lika, SPd. MPd dan dosen pembimbing II David Loba, SPd, MPd.
Pendidikan jasmani adalah phase dari proses pendidikan keseluruhan yang berhubungan dengan aktivitas berat yang mencakup sistem, otot serta hasil belajar dari partisipasi dalam aktivitas tersebut. Pembelajaran pendidikan jasmani merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar anak. Untuk itu peneliti mengambil masalah tentang sejauh mana tingkat proses pembelajaran tolak peluru gaya menyamping menggunakan batu bulat pada siswa kelas V SD Bertingkat Naikoten Kota Kupang dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana media batu bulat bisa meningkatkan efektivitas dan hasil belajar tolak peluru gaya menyamping pada kelas V SD Bertingkat Naikoten Kota Kupang, Tahun Pelajaran 2015/2016â€ÂÂ. Selain itu juga bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan media batu bulat dalam pembelajaran tolak peluru di V SD Bertingkat Naikoten Kota Kupang, Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi,dan tindakan kelas. Teknik observasi merupakan kegiatan peninjauan langsung ke sekolah dan mencatat hal – hal yang berkaitan dengan tujuan peneliti. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah penelitian praktis yang dimaksudkan untuk memperbaiki pembelajaran dikelas. Sesuai dengan jenis penelitiannya maka analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil tes tolak peluru dari 30 siswa siswi yang terdiri dari 16 orang siswa putra dan 14 orang siswa putri, dan dapat dilihat dari hasil tes tolak peluru sebanyak dua (2) siklus maka diketahui pada siklus pertama (1) tingkat presentase keberhasilan siswa sebanyak 53,33%. Pada siklus kedua (2) terjadi peningkatan hingga 80 % sehingga peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa tingkat keberhasilan siswa kelas V SD Bertingkat Naikoten Kota Kupang disebabkan karena telah mengetahui teknik tolak peluru gaya menyamping dengan baik.
Kata Kunci: Proses, Pembelajaran, Tolak peluru
652/16 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain