Skripsi
Upaya peningkatan hasil belajar Tenis Meja dengan menggunakan metode pendekatan taktis pada siswa Kelas XII IPA di SMA Kristen I Kota Kupang Tahun Ajaran 2015/2016
ABSTRAK
Winner Wandres Day, NIM: 11320294, “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Tenis Meja dengan Menggunakan Metode Pendekatan Taktis pada Siswa Kelas XII IPA 1 Di SMA Kristen 1 Kota Kupang Tahun Ajaran 2015/2016.†Skripsi. Program Studi PJKR FKIP Universitas Kristen Artha Wacana Kupang. Pembimbing I Bapak Dr. Andreas J.F. Lumba, M.Pd dan Pembimbing II Bapak Ramona M. Mae, S.Pd, M.Or.
Kata kunci: Hasil Belajar, Tenis Meja, Metode, Pendekatan taktis.
Latar belakang masalah dalam penelitian ini yaitu berdasarkan hasil observasi dan wawancara peneliti dengan guru penjas di SMA Kristen 1 Kota Kupang yang didukung dengan data dokumentasi berupa format hasil belajar tenis meja siswa kelas XII IPA 1 yang sistem penilaiannya terdiri dari 3 aspek yaitu kognitif, afektif, dan psikomotor (lihat tabel 1.1: 3). Rendahnya hasil belajar tersebut sebagai akibat dari kurangnya kreatifitas guru penjas dalam menerapkan pendekatan pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan karakteristik siswa. Hal inilah yang melatar belakangi peneliti untuk melakukan penelitian dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar permainan tenis meja dengan metode pendekatan taktis, pada siswa kelas XII IPA 1 di SMA Kristen 1 Kota Kupang Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (action research) yang dikemukakan oleh Kemmis & Mc Taggart yang terdiri dari beberapa tahap kegiatan yaitu: 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif sebanyak 2 (dua) siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari 2 sampai 3 kali tatap muka, sehingga nampak dalam bentuk siklus metodologis. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: 1) tes, 2) observasi, dan 3) dokumentasi. Peran peneliti dalam penelitian ini yaitu sebagai instrument kunci (key instrumens) yang berkalaborasi dengan teman sejawat/guru penjas guna meningkatkan hasil belajar siswa dan adapun subyek penelitian adalah siswa kelas XII IPA 1 di SMA Kristen 1 Kota Kupang. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: hasil belajar siswa pada pra tindakan dari 21 orang hanya mencapai14, 28% dan setelah peneliti menggunakan metode pendekatan taktis pada siklus I dengan jumlah siswa yang ada mengalami peningkatan sebesar 42,86% siswa yang tuntas dan sisa 57,14% yang belum tuntas. Atas hasil tersebut maka di lanjutkan ke siklus ke II, sehingga di peroleh hasil ketuntasan belajar siswa sebesar 80,95%. Artinya terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 38,09%. Oleh karena itu, penelitian ini dihentikan karena peneliti merasa bahwa tingkat ketuntasan belajar siswa sudah masuk dalam kategori sangat baik dan sisanya dilanjutkan dengan remedial dalam bentuk pekerjaan rumah. Dari hasil tersebut hendaknya kedepan guru penjasorkes di SMA Kristen 1 Kota Kupang agar lebih kreatif dan inovatif dan mendesain model pembelajaran yang lebih menarik guna menumbuhkan motivasi siswa sehingga tujuan pembelajaran Penjasorkes dapat terwujud.
651/16 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain