Skripsi
Tinjauan tentang motivasi siswa dalam pembelajaran Lari Jarak Pendek melalui permainan benteng pada siswa siswi Kelas VI B di SD Inpres Naikoten 2 Kota Kupang
ABSTRAK
RISTO EPENETUS KOA. NIM: 12320264. Dengan judul Skripsi “TINJAUAN TENTANG MOTIVASI PEMBELAJARAN LARI JARAK PENDEK DALAM BENTUK PERMAINAN BENTENG PADA SISWA-SISWI KELAS VI B DI SD INPRES NAIKOTEN 2 KOTA KUPANGâ€ÂÂ. Skripsi, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Kristen Artha Wacana Kupang. Pembimbing (I) James K. Lika, S.Pd,M.Pd,. Pembimbing (II). David Loba, S.Pd,M.Pd
Kata Kunci: Motivasi, Pembelajaran, Permainan.
Pendidikan memegang peranan penting dalam kehidupan manusia. Pendidikan tidak terlepas dengan adanya peran serta siswa-siswi sebagai objek sasaran utama dalam penyampaian tujuan/makna pendidikan yang disampaikan lewat guru dengan pembelajaran dalam bentuk permainan kecil. Masalah terpenting yang akan dikaji dalam penelitian ini yaitu bagaimana motivasi pembelajaran lari jarak pendek dalam bentuk permainan benteng pada siswa-siswi di SD Inpres Naikoten 2 Kota Kupang?. Berdasarkan rumusan masalah diatas maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi pembelajaran lari jarak pendek pada siswa-siswi SD Inpres Naikoten 2 Kota Kupang. Dengan demikian maka, metode dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Untuk meperoleh data dari dari lokasi tempat penelitian, maka peneliti menggunkan 3 teknik pengumpulan data diantaranya: observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan tabel hasil kuesioner maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa siswa yang mencapai klasifikasi persentase 90% berjumlah 12 orang, dengan kategori nilai kualitatif sangat baik, klasifikasi persentase 83% berjumlah 1 orang, dengan nilai kualitatif baik, klasifikasi persentase 80% berjumlah 8 orang, dengan nilai kualitatif baik, klasifikasi persentase 76% berjumlah 1 orang, dengan nilai kualitatif cukup baik, klasifikasi persentase 70% berjumlah 1 orang, dengan nilai kualitatif cukup baik, klasifikasi persentase 66% berjumlah 1 orang, dengan nilai kualitatif cukup baik, klasifikasi persentase 63% berjumlah 1 orang, dengan nilai kualitatif cukup baik, klasifikasi persentase 60% berjumlah 5 orang, dengan nilai kualitatif cukup baik. Dalam proses pembelajaran ketika diamati ternyata didapati bahwa selama proses pembelajaran lari lari jarak pendek dalam bentuk permainan benteng lebih didominasi oleh siswa putra sehingga siswa putri tidak begitu aktif dan kurang percaya diri. Tetapi jika ditinjau secara keseluruhan, proses pembelajaran berjalan dengan baik karena seluruh siswa putra dan putri ikut berpartisipasi dalam aktivitas tersebut.
648/16 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain