Skripsi
Studi pelaksanaan metode pembelajaran Project Based Learning terhadap peningkatan hasil belajar Penjasorkes peserta didik kelas X di SMA Advent Nusra Kabupaten Kupang Tahun 2015/2016
ABSTRAKSI
ELTHO R. LUPUITUKU, NIM 1232009.†STUDI PELAKSANAAN METODE PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENJAS ORKES PESERTA DIDIK DI SMA ADVENT NUSRA KABUPATEN KUPANG TAHUN 2015/2016â€ÂÂ.Program Studi Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan Dan Rekreasi, Universitas Kristen Atha Wacana Kupang. Pembimbing I M Rambu P. Wasak S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Jimmy CH. Atty S.Pd, M.Fis
Kata Kunci : Pelaksanaan Metode Project Based Learning Dalam Pembelajaran Olahraga.
Pelaksanaan Pembelajaran metode Project based Learning adalah suatu pembelajaran berbasis Proyek dalam Olahraga yang inovatif, dan menekankan belajar konteksual melalui kegiatan-kegiatan yang kompleks dengan melakukan investigasi mendalam tentang suatu masalah dan menemukan solusi untuk memecahkan masalah tersebut dengan pembuatan proyek. (CORD 2001). Permasalahan yang di hadapi Peneliti adalah Bagaimanakah Pelaksanaan Metode Pembelajaran Project Based Learning terhadap peningkatan hasil belajar Penjasorkes peserta didik Kelas X di SMA Advent Nusra Kabupaten Kupang, Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar penjasorkes Peserta didik kelas X di SMA Advent Nusra Kabupaten Kupang dan meningkatkan motivasi belajar serta memberikan sumbangan pikiran untuk memperkaya wawasan peserta didik melalui metode Project Based Learning. Penelitian ini di laksanakan di SMA Advent Nusra Kabupaten Kupang khususnya pada siswa kelas X/II dalam waktu kurang lebih 1 (Satu) bulan. Metode yang digunakan adalah metode Project Based Learning dengan Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: Observasi, wawancara dan dokumentasi. Sampel dari penelitian ini adalah sebagian siswa yang ada di SMA Advent Nusra sebanyak 30 orang siswa/i. Hasil penelitian yang didapatkan dalam penelitian ini adalah pada siklus I 52,5% presentase keberhasilan untuk unjuk kerja kelompok siswa dan masuk dalam klasifikasi belum tuntas. Pada siklus II presentase keberhasilan unjuk kerja kelompok siswa mengalami peningkatan menjadi 90% dan masuk dalam klasifikasi tuntas. Hasil ini menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa melalui studi pelaksanaan metode project based learning pada pembelajaran penjasorkes siswa kelas X di SMA Advent Nusra Kabupaten Kupang serta hasil penilaian aktifitas guru penjas orkes melalui rubrik penilaian RPP pun mengalami peningkatan dari siklus I 54%, meningkat pada siklus II menjadi 78%. Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa kelas X di SMA Advent Nusra Kabupaten Kupang mengalami peningkatan melalui metode pembelajaran Project Based Learning.
645/16 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain