Skripsi
Pengaruh penggunaan metode diskusi terhadap prestasi belajar siswa Kelas IV SD Negeri Oelasin Kecamatan Rote Barat Daya Kabupaten Rote Ndao pada mata pelajaran pendidikan agama kristen Tahun 2015/2016
ABSTRAK
Pengaruh Penggunaan Metode Diskusi Terhadap Prestasi Belajar Siswa.
*N. Endang **H. Agustina ***T. Paulus
Dalam kegiatan pembelajaran guru mempunyai tugas dan tangggung jawab merencanakan dan melaksanakan pengajaran, sehingga guru sebagai tenaga profesional harus memiliki sejumlah kemampuan dalam memilih dan menerapkan metode pengajaran yang efektif dan efisien, kemampuan melibatkan siswa berpartisipasi aktif, serta kemampuan membuat suasana belajar yang menunjang tercapainya tujuan pendidikan. Metode diskusi sangat dianjurkan dalam kegiatan pembelajaran, karena dengan menggunakan metode diskusi suasana pembelajaran bukan saja monoton dipimpin oleh guru saja tetapi peserta didik pun turut berpartisipasi aktif. Namun yang terjadi di SD Negeri Oelasin, Kabupaten Rote Ndao, guru menjadi satu-satunya sentral ketika memulai sesi pembelajaran hingga proses akhir guru tetap menjadi titik informasi dan peserta didik hanya bertugas mendengar dan menjalankan instruksi. Dalam Skripsi Endang Nunuhitu berjudul “Pengaruh Penggunaan Metode Diskusi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar Negeri Oelasin, Kec Rote Barat Daya, Kab. Rote Ndao Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Tahun Ajaran 2015/2016â€ÂÂ. Masalah penelitian yaitu Apakah Terdapat Pengaruh Penggunaan Metode Diskusi Terhadap Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen di Sekolah Dasar Negeri Oelasin, Kec. Rote Barat Daya, Kab Rote Ndao,Tahun Ajaran 2015/2016?. Tujuan yang ingin dicapai yaitu Untuk Mengetahui Pengaruh Penggunaan Metode Diskusi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran PAK Di SD Negeri Oelasin Kecamatan Rote Barat Daya Tahun Ajaran 2015/2016. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa- siswi kelas IV yang berjumlah 19 orang. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Pre Eksperimen dalam bentuk One Group Pre Test – Post Test Design dan menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik Pengumpulan Data yang digunakan Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket yaitu : pre-test dan post-test. Teknik Analisis Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik. Berdasarkan hasil penelitian pretest dan posttest pada siswa kelas eksperimen, diketahui nilai thitung = 3,96 > ttabel= 1,734. Jadi, jika thitung ttabel maka tolak Ho terima H1 artinya ada pengaruh penggunaan metode diskusi terhadap prestasi belajar siswa.Dan jika thitung ttabel maka terima Ho tolak H1 artinya tidak ada pengaruh penggunaan metode diskusi terhadap prestasi belajar siswa. Dilihat dari hasil di atas dapat di simpulkan bahwa nilai thitung ttabel. Jadi terdapat pengaruh penggunaan metode diskusi terhadap prestasi belajar siswa kelas IV. , H1 diterima ada pengaruh penggunaan metode diskusi terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SDN Oelasin, yaitu Ada 3 siswa yang memiliki respon Rendah atau 15,79 %, Ada 16 siswa yang memiliki respon Sedang yaitu 84,21 % Dan tidak ada siswa yang memiliki respon tinggi atau 0%. Sedangkan h0 ditolak dimana tidak ada pengaruh penggunaan metode diskusi terhadap prestasi belajar siswa Kelas IV Pada SDN Oelasin. Jadi dapat disimpulkan bahwa metode diskusi dapat mempengaruhi daya penyerapan siswa dan prestasi belajar siswa kelas IV SDN Oelasin, sehingga guru harus mampu menentukan metode yang tepat dalam kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci : Penggunaan metode diskusi, prestasi belajar siswa.
671/16 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain