Skripsi
Analisis strategi belajar siswa dalam menyelesaikan pekerjaan rumah mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) Kelas V B SD Inpres Oesapa Tahun Ajaran 2015/2016
ABSTRAK
ANALISIS STRATEGI BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN PEKERJAAN RUMAH MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN (PAK) KELAS VB SD INPRES OESAPA TAHUN AJARAN 2015/2016
Benu. Y M N) Henukh. A)* Tnunay. P)**
Penelitian didasari oleh masalah yang terjadi pada lokasi penelitian yaitu SD Inpres Oesapa khusus pada kelas VB yakni mereka menyelesaikan pekerjaan rumah dengan menyontek pekerjaan teman serta pekerjaan rumah siswa diselesaikan oleh orang tua atau kakak. Oleh karena itu tujuan penulis melakukan penelitian ini untuk menganalisis strategi belajar mereka dalam menyelesaikan pekerjaan rumah. Kemudian pada bagian rumusan masalah bertanya tentang bagaimana strategi belajar siswa dalam menyelesaikan pekerjaan rumah. Sedangkan metode yang digunakan metode deskriftif dengan ekspost fakto yang memaparkan, menggambarkan serta menjelaskan secara jelas fakta yang terjadi pada lokasi penelitian. Pada bagian analsis penulis menggunakan analisis deskriftif. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, penulis menemukan bahwa penggunaan strategi belajar dalam menyelesaikan pekerjaan rumah tidak maksimal digunakan. Dalam hal ini siswa lebih banyak menggunakan strategi belajar mengulang dan strategi belajar Elaborasi sedangkan 2 strategi lainnya yaitu strategi organisasi dan strategi metakognitif jarang digunakan siswa dalam menyelesaikan pekerjaan rumah. Kesimpulan penggunaan strategi belajar dalam menyelesaikan pekerjaan rumah harus diperhatikan orang tua dan guru sehingga siswa dapat menggunakan strategi yang tepat yang mereka sukai untuk membantu mereka dalam menyelesaikan pekerjaan rumah. Saran penulis. Hendaknya ada perhatian yang lebih dari guru dan orang tua untuk memperhatikan siswa dalam menyelesaikan pekerjaan rumah.
674/16 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain