PERPUSTAKAAN PUSAT UKAW

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Skripsi

Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan masyarakat pengguna BPJS Kesehatan pada RSUD S.K.Lerik Kota Kupang

FAY, Agustinus - Nama Orang;

ABSTRAKSI Dalam mengukur kualitas pelayanan publik, peneliti menggunakan teori yang dikemukakan oleh Parasuraman, sejauh mana kualitas pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah. Dalam mengevaluasi kualitas pelayanan tidak hanya ditentukan oleh pemerintah saja namun juga ditentukan oleh masyarakat, hal ini seperti yang dijelaskan oleh Barata bahwa berbicara mengenai kualitas pelayanan, ukurannya bukan hanya ditentukan oleh pihak yang melayani saja tapi lebih banyak dilayani, karena merekalah yang menikmati layanan sehingga dapat mengukur kualitas pelayanan beradasarkan harapan-harapan mereka dalam memenuhi kepuasannya. Kepuasan masyarakat merupakan respons pelanggan terhadap ketidak sesuaian antara tingkat kepentingan sebelumnya dan kinerja aktual yang dirasakannya setelah pemakaian Rangkuti. Kepuasan masyarakat dipengaruhi oleh persepsi kualitas jasa, kualitas produk, harga dan faktor-faktor yang bersifat pribadi serta yang bersifat situasi sesaat. RSUD S. K Lerik Kota Kupang sebagai salah satu dari rumah sakit yang memberikan pelayanan kesehatan pada pasien pengguna BPJS. Berdasarkan data yang didapatkan, jumlah pasien yang menggunakan di rawat inap pada tahun 2014 sebanyak 682 pasien. Adapun paket pelayanan yang disediakan bagi pasien yang mengguanakan BPJS antara lain seperti jaminan rawat jalan maupun rawat inap, mendapatkan obat- obatan yang telah disediakan oleh BPJS dan mendapatkan jaminan untuk pemeriksaan penunjang seperti laboratorium, rontgen, USG, danlain-lain. Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan pada pengguna BPJS dapat dilakukan berbagai upaya seperti mempermudah alur pengurusan persyaratan pasien BPJS, pembagian tugas perawat dalam perawatan kepada pasien, melengkapi sarana dan prasarana rawat inap BPJS. Akan tetapi upaya tersebut belum dapat mengurangi persepsi pasien terhadap kualitas pelayanan pasien pengguna BPJS di RSUD S.K Lerik kota kupang. Dalam penelitian ini penulis ingin mengetahui lebih lanjut kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan masyarakat pengguna BPJS Kesehatan di RSUD S.K Lerik Kota Kupang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan petugas terhadap kepuasan masyarakat Kota Kupang, Dengan menggunakan teknik random sampling (acak sederhana) adapun penentuan sampel yang dipilih berdasarkan undian 5 % (Sugiyono 2009:126). Sampel dalam penelitian ini ditentukan sejumlah 5 %.
Hasil penelitian mengenai kualitas pelayanan (X) terhadap kepuasan masyarakat pengguna BPJS Kesehatan pada RSUD S.K Lerik Kota Kupang (Y) dapat dilihat sebaran jawaban responden, Pada item Perasaan senang atau tidak senang terhadap pelayanan diketahui bahwa sebanyak 42,86% responden merasa senang terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan oleh tenaga kesehatan pada RSUD S.K. Lerik kota Kupang, bahkan 34,29% menyatakan sangat senang. Artinya mayoritas responden mengatakan bahwa pelayanan Kesehatan pada RSUD S.K Lerik Kota Kupang sangat baik. Disamping itu, masalah kepuasa terhadap pelayanan tersebut, 34,29 %, yang menyatakan sangat setuju berjumlah dan 42,86 menyatakan setuju, yang berarti bahwa umumnya responden merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan karena tenaga kesehatan selalu memberikan perhatian yang sama terhadap seluruh pasien pada RSUD S.K. Lerik kota Kupang. Dari hasil penelitian diketahui bahwa model regresi linier antara variabel kualitaslayanan (X) dan kepuasan masyarakat pengguna BPJS (Y) dapat dirumuskan sebagai berikut: Y = 8,363 + 0,795X Hasil analisis menunjukan besarnya nilai koefisien determinasi (R2).Berdasarkan perhitungan yang di tunjukkan dalam tabel 4.16. di atas di peroleh nilai R2 sebesar 0,776, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan variable independen kualitas pelayanan (X) menjelaskan kepuasan masyarakat pengguna BPJS Kesehatan di RSUD S.K Lerik Kota Kupang (Y) sebesar 77,6 %. Sedangkan selebihnya 12,4 % dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari hasil penilitian bahwa nilai t untuk variabel kualitaslayanan sebesar 10,702dengan tingkat signifikansi 0,000. Sedangkan dari tabel t diperoleh nilai 1,69. Hasil ini membuktikan bahwa thitung> ttabel sehingga dapat dikatakan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh langsungterhadap kepuasan masyarakat pengguna BPJS Kesehatan di RSUD S.K Lerik Kota Kupang. Penerimaan terhadap hipotesis ini juga didukung oleh tingkat signifikansi thitung untuk variabel kualitas layanan sebesar 0,000, yang menunjukan bahwa tidak ada kemungkinan untuk menolak hipotesis. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa masyarakat pengguna BPJS merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh pihak RSUD S.K Lerik kota Kupang. Olehkarena itu disarankan pihak RSUD S.K Lerik kota Kupang perlu melakukan hal-hal sebagai berikut meningkatkan upaya yang berhubungan dengan
kepuasan masyarakat pengguna BPJS perlu lebih ditingkatkan lagi, antara lain melayani pasien pengguna BPJS sesuai dengan jadwal yang ditetapkan, memberikan pertolong secara cepat, selalu mendengar keluhan pasien, dan memberikan kemudahan dalam mengurus administarsi pasien pengguna BPJS sehingga masyarakat bias merasakan manfaat dari program BPJS yang meraka dapat.


Ketersediaan
695/16PTK PUSAT UKAWTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
S 95 EKN 16
Penerbit
Kupang : UKAW Fakultas Ekonomi., 2016
Deskripsi Fisik
61 hal.; bibl.; ilus.; lamp.; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S 368.38 072 598 559
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
ASURANSI KESEHATAN--PENELITIAN--KOTA KUPANG
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Agustinus Fay
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN PUSAT UKAW
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Alamat : Jalan Adisucipto 147, Oesapa, Kupang NTT
Telp: +62 380 881584 dan +62 380 881050
Fax: +62 380 881677
Email: admin@ukaw.ac.id / ukaw_kupang@yahoo.co.id

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik