PERPUSTAKAAN PUSAT UKAW

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Skripsi

Analisis pengaruh sikap konsumen terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UKAW Kupang)

KOLY, Nano Yohanis - Nama Orang;

ABSTRAKSI
Analisis pengaruh sikap konsumen terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda (studi kasus pada mahasiswa fakultas ekonomi universitas kristen artha wacana kupang). Persaingan yang begitu ketat dewasa ini menuntut perusahaan-perusahaan agar mampu memainkan strategi pemasaran yang handal dan mampu menarik minat konsumen, sehingga dapat memenangkan pasar. Keberhasilan perusahaan untuk mempengaruhi konsumen dalam keputusan pembelian sangat dipengaruhi oleh upaya meningkatkan kualitas produk. Menurut Fishbein dan Ajzen (1975:7) sikap adalah predisposisi(keadaan mudah terpengaruh), yang dipelajari untuk menanggapi secara konsisten terhadap suatu objek, baik dalam bentuk tanggapan positif maupun tanggapan negatif. Sikap biasanya memberikan penilaian (menerima atau menolak) terhadap obyek (produk) yang dihadapinya. Dalam kehidupan sehari-hari, sikap biasanya mencerminkan peran utama dalam membentuk perilaku konsumen. Sikap merupakan hasil dari faktor genetis dan proses belajar serta selalu berhubungan dengan suatu obyek atau produk yang dihadapinya.Dari definisi-definisi diatas dapat disimpulkan bahwa sikap dapat dipelajari atau dibentuk, sikap juga dapat berubah jika situasinya berubah. Keputusan pembelian merupakan salah satu bentuk sikap konsumen dalam menggunakan atau mengkonsumsi suatu produk. Konsumen dalam mengambil keputusan untuk membeli atau memakai suatu produk akan melalui sebuah proses di mana proses tersebut merupakan gambaran dari bagaimana konsumen menganalisis berbagai macam masukan untuk mengambil keputusan dalam melakukan pembelian.Keterlibatan Konsumen Dan Pembuatan Keputusan. Sikap merupakan ekspresi perasaan (inner feeling), yang mencerminkan apakah seseorang senang atau tidak senang, suka atau tidak suka, dan setuju atau tidak terhadap suatu obyek” (Schiffman dan Kanuk, 1997). Menurut pendapat William G. Nickels dalam Basu Swasta dan Hani Handoko (2000:94) mengemukakan bahwa sikap adalah suatu kecenderungan yang dipelajari untuk bereaksi terhadap penawaran produk dalam masalah-masalah yang baik ataupun

xii
kurang baik secara konsekuen.Mengutip pendapat David Krechdan Kotler (1990:203) mengemukakan bahwa sebuah sikap menggambarkan penilaian kognitif yanng baik maupun tidak baik, perasaan-perasaan emosional dan kecenderungan berbuatyang bertahan selama waktu tertentu terhadap beberapa objek atau gagasan. Pada umumnya seseorang memilih sepeda motor Honda yang nyaman karena bahan bakarnya sangat irit,terus kita juga bisa lihat kcepatannya atau yang enak untuk di kendarai. Dengan cukup banyaknya konsumen yang menggunakan sepeda motor Honda. Rumusan masalah dalam penilitian ini adalah Pengaruh sikap konsumen terhadap keputusan pembelian Sepeda Motor Honda. Persoalan penilitian dalam penilitian ini adalah apakah sikap konsumen berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Sikap Konsumen Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. Manfaat penilitian ini adalah (1) Manfaat Akademik Diharapkan agar hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan informasi atau referensi bagi civitas akademik Fakultas Ekonomi UKAW Kupang dalam upaya pengambilan ilmu- ilmu manajemen khususnya dalam bidang pemasaran sesuai perkembangan yang terjadi di lapangan. (2) Manfaat Praktis Diharapkan agar hasil penelitian ini memberi manfaat bagi perusahaan sejenis. Sebagai bahan informasi bagi penelitian lanjutan yang ingin melakukan penelitian lebih lanjut lagi pada bidang yang sama. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Artha Wacana Kupang yang menggunakan sepeda motor honda.yakni sejumlah 56 orang. Maka penulis mengambil jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 30 sampel dari jumlah populasi. Pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Hasil regresi linear sederhana yaitu, y = 0,424 + 0,296x Variabel independen sikap konsumen berpengaruh positif terhadap variabel keputusan

xiii
pembelian sebesar 0,296. Artinya menurut konsumen, variabel independen sikap konsumen dianggap penting ketika akan membeli sepeda motor honda. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh koefisien determinasi (Kd) sebesar 84,7 %. Angka tersebut menunjukkan besarnya pengaruh sikap konsumen terhadap keputusan pembelian sebesar 84,7%. sedangkan sisanya 15,3% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil uji t, diperoleh nilai thitung = 12,469 dengan tingkat signifikansi 0,000. Dengan tingkat signifikansi 5% dan derajat kebebasan (dk) n-2 (30 - 2=28) maka dapat dilihat ttabel sebesar 1,701. Ini berarti thitung > ttabel (thitung = 12,469 > ttabel = 1,701), yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa sikap konsumen yang semakin baik, akan mempercepat konsumen dalam melakukan keputusan pembelian.Hasil Uji t membuktikan bahwa variabel independen sikap konsumen,mempunyai pengaruh positif terhadap variabel dependen keputusan pembelian sepeda motor honda. Berdasarkan hasil penilitian ini maka disarankan beberapa hal sebagai berikut: (1) Para pemasar Hendaknya harus tetap menjaga kualitas sepeda motor honda yaitu sepeda motor honda yang akan di pasarkan harus di rawat dan dijaga dengan baik agar jangan terjadi kerusakan atau gangguan peda mesinnya agar disaat kita mengendarainya kita merasa sangat nyaman dan tenang. Jika sepeda motor honda akan tetap terjaga dengan baik, sehingga kualitasnya yang ada akan terjaga dan tetap menghasilkan pengaruh yang positif terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda. (2) sikap konsumen memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Jadi para pemasar harus lebih berorientasi dengan konsumen (Mahasiswa FE – UKAW Kupang) yaitu dalam memasarkan produk sepeda motor honda, harga yang di tawarkan harus sesuai dengan keinginan Mahasiswa sehingga mereka tidak berpindah pada produk yang lain. Produk sepeda motor honda adalah produk yang selalu di cari oleh para Mahasiswa Fakultas Ekonomi UKAW Kupang. Jadi para pemasar harus selalu memperhatikan stok atau produk sepeda motor honda harus selalu tersedia sehingga mempermudah para Mahasiswa dalam melakukan pembelian. Mahasiswa Fakultas Ekonomi UKAW Kupang selalu ingat akan merek produk

yang pernah di belinya sehingga dalam pembelian mereka akan menjatuhkan keputusan pembelian pada produk sepeda motor honda yang memberikan citra positif dan kualitas produk yang baik.


Ketersediaan
707/16S 116 EKN 16PTK PUSAT UKAWTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
S 116 EKN 16
Penerbit
Kupang : UKAW Fakultas Ekonomi., 2016
Deskripsi Fisik
xiv, 40 hal.: bibl.; ill.; lamp.; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S 339.4 072 598 559
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
KONSUMEN--PENELITIAN--KOTA KUPANG
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Nano Yohanis Koly
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN PUSAT UKAW
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Alamat : Jalan Adisucipto 147, Oesapa, Kupang NTT
Telp: +62 380 881584 dan +62 380 881050
Fax: +62 380 881677
Email: admin@ukaw.ac.id / ukaw_kupang@yahoo.co.id

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik