Skripsi
Analisis pengaruh ekuitas merek (Brand Equity) terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda pada dealer Nusantara Surya Sakti (NNS) cabang Kupang
ABSTRAK
Penelitian ini berjudul : †Analisis Pengaruh Ekuitas Merek (Brand Equity) Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Pada Dealer Nusantara Surya Sakti (NSS) Cabang Kupangâ€ÂÂ. Masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda pada dealer Nusantara Surya Sakti (NSS) cabang Kupang. Persoalan dalam penelitian ini adalah apakah ekuitas merek (brand ekuity) berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda pada dealer Nusantara Surya Sakti (NSS) cabang Kupang? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek terhadap keptusan pembelian sepeda motor Honda pada dealer Nusantara Surya Sakti (NSS) cabang Kupang. Ekuitas merek (Brand Eguity) berpengaruh terhadap keputusan pembelian adalah merupakan nilai merek yang mempunyai kekuatan dan keunggulan dalam memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen. Oleh karena itu merek yang memiliki nilai ekuitas tinggi akan memiliki daya tarik yang kuat dalam memikat konsumen untuk melakukan keputusan pembelian atas produk tersebut David Aeker(2010:9). Ekuitas merek adalah totalitas dari persepsi merek, mencakup kualitas relatif dari produk dan jasa, kinerja keuangan, loyalitas pelanggan, kepuasan dan seluruh penghargaan terhadap merek Duane (2007:3), Hair dan McDaniel (2008:423) menyatakan bahwa istilah ekuitas merek menunjukan nilai dari perusaahan dan nilai merek. Keputusan pembelian konsumen adalah keputusan pembelian akhirperorangan dan rumah tangga yang membeli barang dan jasa umtuk konsumsi pribadi Kotler (2009:184). Keputusan pembelian konsumen adalah pemilihan satu tindakan dari dua atau lebih pilihan alternatif Tjiptono (2008:19). Keputusan pembelian adalah seleksi terhadap dua pilihan atau lebih. Dengan kata lain pilihan alternative harus tersedia bagi seseorang ketika pengambilan keputusan. Setiap konsumen melakukan berbagai
ii
macam keputusan tentang pencarian, pembelian, penggunaan beragam produk dan merek pada setiap periode tertentu Schifman dan Kannuk (2007:485). Selanjutnya populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen sepeda motor Honda pada dealer Nusantara Surya Sakti (NSS) cabang Kupang pada 3 bulan terakhir yaitu berjumlah 100 orang. Sampel yang dimbil dalam penelitian ini adalah 50 orang dari persentasi 10% (signifikasi 10% atau 0,1%). Menggunakan rumus slovin yakni sebagai berikut:
n=
Keterangan : n = jumlah sampel N = jumlah populasi (100) e = batas toleransi kesalahan (eror tolerance)
n =
n=
n= 50
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana Y = a + bX dan uji persial (t). Uji t pada dasarnya menunjukan apakah terdapat pengaruh sinifikan antara variable X terhadap variable Y. a. Jika thitung > ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak b. Jika thitung < ttabel maka Ha ditolak dan H0 diterima ttabel ditetapkan pada a = 0,05 dan derajat bebas n-2 = 50–2 =48 yang besarnya 2,011, dengan kata lain ttabel = t(0,05) (48) = 2,011 Dari hasil analisis regresi linear sederana diperoleh hasil (Y = 62.007+0,211). Uji ini digunakan untuk mengetahui apakah variabel X berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Y. thitung untuk koefisien
iii
regresi b1 adalah 3.072 sedangkan ttabel = (0,05) (50-2)=2.011 berarti thitung > ttabel yang mengandung makna bahwa koeifisien regresi b1 3.072, dimana berpengaruh positif dan signifikan sehingga Ha diterima, Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ekuitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian terbukti secara empirik.
743/16 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain