Skripsi
Pengaruh ekuitas merek (Brand Equity) terhadap proses keputusan pembelian handpone samsung android (Studi kasus mahasiswa fakultas ekonomi UKAW Kupang)
ABSTRAKSI
Penelitian ini berjudul : “Pengaruh Ekuitas Merek (Brand Equity) Terhadap Proses Keputusan Pembelian Handphone Samsung Android (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UKAW kupangâ€ÂÂ). Latar belakang dalam penelitian ini adalah karena komunikasi dianggap sebagai salah satu hal yang penting dan dianggap membantu kehidupan manusia manusia sehingga konsumen beramai-ramai melakukan pembelian. Salah satu alat komunikasi yang digunakan saat ini adalah handphone. Dan salah satu merek handphone yang berkembang dikalangan mahasiswa saat ini adalah handphone samsung android. Dan mahasiswa Fakultas Ekonomi diantaranya memiliki handphone samsung android karena tertarik akan keunggulan maupun kualitas dari handphone tersebut. Hal ini membuat penulis tertarik untuk melakukan penelitian. Masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Proses Keputusan Pembelian Handphone Samsung Android (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UKAW Kupang). Dan persoalan penelitian yakni: Apakah Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Proses Keputusan Pembelian Handphone Samsung Android. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Proses Keputusan Pembelian Handphone Samsung Android. Ada dua konsep penelitian yang diangkat dalam penelitian ini yakni: Pertama, Ekuitas Merek yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu sebagai serangkaian aset dan kewajiban merek yang terkait dengan nama dan simbol sebuah merek, yang mampu menambah atau mengurangi nilai yang diberikan oleh suatu produk atau jasa kepada perusahaan maupun kepada pelanggan perusahaan yang secara keseluruhan memiliki konsep multi dimensional yang terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek. Kedua, Proses Keputusan Pembelian yang dimaksud dalam penelitian ini adalah suatu proses pengambilan keputusan yang bukan berakhir dengan pembelian, namun
berlanjut hingga pembelian tersebut menjadi pengalaman bagi konsumen dalam menggunakan produk yang dibeli tersebut. Selanjutnya pada kerangka dasar penelitian tercantum satu variabel independen ekuitas merek dan proses keputusan pembelian merupakan variabel dependen. Selanjutnya populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi UKAW Kupang yang menggunakan handphone samsung android. sampel yang diambil sebanyak 50 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling eksidental yang penentuan sampelnya berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang konsumen yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian adalah Kuesioner. Kuesioner (daftar pertanyaan) yang diberikan kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi UKAW Kupang yang menggunakan handphone samsung android tentang tanggapannya terhadap ekuitas merek dan proses keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana untuk mengestimasi pengaruh ekuitas merek (brand equity) terhadap proses keputusan pembelian handphone samsung android pada mahasiswa Fakultas Ekonomi UKAW Kupang adalah sebagai berikut: Y= 4,238 + 0,555X Hasil perhitungan regresi linier berganda yang diperoleh konstanta regresi ( ) sebesar 4,238, koefisien (b) sebesar 0,555. thitung untuk koefisien regresi b adalah 6,318 sedangkan ttabel = T (0,05) (48) = 1,677, berarti thitung > ttabel dimana Ha diterima, Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ekuitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap proses keputusan pembelian handphone Samsung android terbukti secara empirik. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,443 yang berarti 44,3% perubahan keputusan pembelian dijelaskan oleh ekuitas merek, sedangkan 56,7% sisanya dijelaskan oleh faktor lain.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa Proses Keputusan Pembelian Yang Dipengaruhi Oleh Ekuitas Merek Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UKAW Kupang adalah sebagai berikut : Ekuitas merek sangat berperan penting dalam menarik konsumen produk handphone karena ekuitas merek dapat menciptakan nilai tambah yang diberikan oleh produk handphone bagi konsumen dan perusahaan. Maka perusahaan harus benar-benar memperhatikan dimensi-dimensi dari ekuitas merek tersebut dan bila perlu melakukan riset secara berkala mengenai apa yang diinginkan konsumen berdasarkan dimensi-dimensi ekuitas merek. Semakin tinggi ekuitas merek (Brand Equity) maka keputusan pembelian pada suatu produk juga akan semakin kuat.
732/16 | S 131 EKN 16 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain