Skripsi
Analisis pengaruh harga, lokasi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Hokki Mart Oesapa
ABSTRAKSI
Kegiatan pemasaran memiliki peran yang sangat penting dalam dunia usaha, mengingat orientasinya terhadap masyarakat (konsumen). Keadaan dunia usaha berubah dinamis seiring dengan perubahan selera konsumen dan perubahan yang terjadi pada lingkungan sekitarnya. Kebutuhan konsumen yang terus meningkat, menjadi peluang bisnis. Suatu produk harus memiliki daya saing agar mampu menarik konsumen, dengan menyediakan produk yang beragam dan bervariasi, diharapkan mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Sehingga dengan terpenuhinya kebutuhan dan keinginan, loyalitas konsumen pun akan terjaga.
Loyalitas konsumen yang terjaga diharapkan dapat mampu meningkatkan intensitas pembelian konsumen dari waktu ke waktu. Kepuasan adalah sejauh mana suatu tingkatan produk dipersepsikan sesuai dengan harapan pembeli (Kotler dan Amstrong, 2002). Kepuasan atau ketidakpuasan terjadi ketika pelanggan melakukan evaluasi atas harapan dengan kinerja/ hasil yang diterima.
Berdasarkan latar belakang diatas dan penelitian sebelumnya, maka perumusan masalah yang akan dibahas dalam peneliian ini adalah : “Pengaruh Harga, Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan konsumen pada hokky Mart Oesapa†.
Persoalan penelitian
Berdasarkan perumusan masalah diatas maka yang menjadi persoalan penelitan sebagai berikut : a. Apakah harga berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Hokky Mart? b. Apakah lokasi berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Pada Hokky Mart? c. Apakah kualiatas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Hokky Mart?
xiv
Tujuan dan Kegunaan Penelitian Tujuan Penelitian Sesuai dengan permasalahan yang telah dirumuskan, tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah sebagai berikut: a. Untuk mengetahui Apakah Harga berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Pada Hokki Mart . b. Untuk mengetahui Apakah Lokasi berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Pada Hokky Mart . c. Untuk mengetahui Apakah kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Pada Hokky Mart .
Manfaat Penelitian a. Manfaat Akademik 1. Bagi Cisivitas Akademik FE-UKAW dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dalam penerapan dalam kehidupan sehari-hari. 2. Sebagai bahan informasi tambahan bagi tempat penelitian dalam berkepentingan untuk melakukan usaha. b. Manfaat Praktis 1. Bermanfaat sebagai bahan masukan dan tambahan informasi yang dapat dipertimbangkan oleh perusahaan sehingga dapat digunakan dalam menentukan kebijakan dan strategi pemasaran. 2. Penelitian ini juga dapat dijadikan untuk penelitian lanjutan tentang Pengaruh harga, lokasi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen.
Hokki mart yang berlokasi dioesapa ini merupakan salah satu toko yang menyediakan kebutuhan konsumen yang salah satunya adalah kebutuhan sembako, seperti beras, gula, minyak goreng, susu, serta terdapat kebutuhan lainnya. Menurut Swastha ( 2010 : 147 ), “ harga adalah jumlah uang (ditambah beberapa barang kalau mungkin ) yang dibutuhkan untuk sejumlah kombinasi
xv
dari barang beserta pelayanannyaâ€ÂÂ. Menurut Swastha (2002:24) “ Lokasi adalah tempat dimana suatu usaha atau aktivitas usaha dilakukanâ€ÂÂ.
Menurut Kotler (2002:83) definisi pelayanan adalah setiap tindakan atau kegiatan yang dapat ditawarkan oleh suatu pihak kepada pihak lain, yang pada dasarnya tidak berwujud dan tidak mengakibatkan kepemilikan apapun.
Berdasarkan data yang didapat bahwa jumlah populasi yaitu 60 orang Dan sampel yang diambil dari setengah dari populasi yaitu 37 sampel dari 60 responden. Jumlah responden sebanyak 37 orang yang terdiri dari laki-laki dan perempuan, dimana perempuan berjumlah 17 orang dan laki-laki berjumlah 20 orang.
Pengujian Hipotesis adanya Pengaruh positif harga(X1) terhadap kepuasan konsumen (Y) dilihat dari hasil perhitungan regresi linier berganda yang diperoleh konstanta regresi (a) sebesar 0,398, koefisien (b1) sebesar 0,668 thitung untukkoefisien b1 adalah 3,257 sedangkan ttabel = T (0.05) = 2,007,yang mengadung makna bahwa thitung > ttabel dimana Ha diterima, Ho ditolak. Pengaruh positif lokasi (X2) terhadap kepuasan konsumen (Y)Dari hasil perhitungan regresi linier berganda yang diperoleh konstanta regresi (a) sebesar 0,398, koefisien (b2) sebesar 0,518 thitung untuk koefisien b2 adalah 3,483 sedangkan ttabel = T (0.05) = 2,007, yang mengadung makna bahwa thitung > ttabel dimana Ha diterima, Ho ditolak.
Pengaruh positif kualiatas pelayanan (X3) terhadap kepuasan konsumen (Y) Dari hasil perhitungan regresi linier berganda yang diperoleh konstanta regresi (a) sebesar 0,398, koefisien (b3) sebesar 0,904 thitung untuk koefisien b2 adalah 5,751 sedangkan ttabel = T (0.05) = 2,007, yang mengandung makna bahwa thitung > ttabel dimana Ha diterima, Ho ditolak.
xvi
Dari hasil analisis diatas dapat disimpulkan bahwa :
1. Harga dalam penelitian ini berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen , artinya semakin terjangkau harga barang- barang di Hokky Mart Oesapa maka akan semakin tinggi kepuasan konsumen untuk berbelanja di Hokky Mart Oesapa. 2. Lokasi dalam penelitian berpengaruh secara posistif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Artinya lokasi Hokky Mart dekat atau mudah dijakau oleh konsumen maka akan menarik konsumen untuk membeli. 3. Kualitas pelayanan dalam penelitian berpengaruh secara posistif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Artinya semakin baik kualitas pelayanan karyawan Hokky Mart maka konsumen akan semakin puas dan mempunyai keingginan kembeli untuk membeli.
733/16 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain