Skripsi
Peranan guru pendidikan jasmani dalam menanggulangi cedera pada saat proses pembelajaran di SMP Negeri Kimbana Kabupaten Belu
1
ABSTRAK
Dionisius R. P Nani, 11320073 “Peranan Guru Penjas Dalam Menanggulangi Cedera Pada Saat Proses Pembelajaran Di SMP Negeri Kimbana Kabupaten Beluâ€ÂÂ. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Artha Wacana Kupang. Pembimbing I, Ibu M. Rambu P. Wasak S.Pd, M.Pd dan pembimbing II, Bapak David Loba, S.Pd, M.Pd
Kata Kunci :Peranan Guru Dalam Menanggulangi Cedera Saat Proses Pembelajaran
Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya masalah peranan guru pendidikan jasmani dalam menanggulangi cedera pada saat proses pembelajaran di SMP Negeri Kimbana. Adapun masalah yang penulis ajukan adalah sejauh mana peranan guru pendidikan jasmani dalam menanggulangi cedera yang ditimbulkan pada saat proses pembelajaran di SMP Negeri Kimbana. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan guru pendidikan jasmani dalam menanggulangi cedera pada saat kegiatan olahraga di SMP Negeri Kimbana. Penelitian ini menggunakan metode Deskritif kualitatif, dimana penelitian ini hanya bersifat menggambarkan, menjelaskan serta menguraikan suatu masalah yang terjadi pada obyek penelitian. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa/siswi SMP Negeri Kimbana kelas IX A yang berjumlah 46 orang, sedangkan sampelnya sama dengan populasi yang berjumlah 46 orang. Untuk mengetahui system penanggulangan cedera oleh guru penjasorkes terhadap anak didik di SMP Negeri Kimbana, peneliti menggunakan table skor untuk mengetahui nilai hasil pengamatan dengan jumlah skor maksimal dari jumlah populasi dan sampel. Berdasarkan penelitian melakui hasil pengamatan teknik dasar permainan bola kaki, senam lantai dan teknik dasar permainan bola voli mengalami perubahan yang signifikan,yakni:Pertemuan pertama dengan pokok bahasan teknik dasar bola kaki nilai pengamatan 55 %.Pertemuan kedua dengan pokok bahasan teknik dasar senam lantai ,nilai hasil pengamatan 60 %.Pertemuan ketiga pada pokok bahasan teknik dasar permainan bola voli,nilai hasil pengamatan 70 %.Dari tiga pengaman tersebut terbukti guru dapat mengurangi resiko cedera yang dialami siswa saat peroses pembelajaran.
727/16 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain