Skripsi
Upaya peningkatan ketrampilan bertanya dan menjawab pertanyaan melalui metode diskusi pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 2 Kupang Timur Tahun Ajaran 2015/2016
ABSTRAK
UPAYA PENINGKATAN KETRAMPILAN BERTANYA DAN MENJAWAB PERTANYAAN MELALUI METODE DISKUSI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMAN 2 KUPANG TIMUR TAHUN AJARAN 2015 /2016
*Meldiana Dindung Natonis, D.A.)** Nggadas, D)***
Kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang guru adalah mampu merangkaikan bahan pelajaran dan rancangan kegiatan pembelajaran yang dapat menciptakan interaksi belajar dan mengajar antara siswa dengan guru, siswa dengan temannya serta siswa dengan media belajar yang ada. Berdasarkan observasi yang di lakukan di SMA Negeri 2 Kupang Timur terdapat beberapa permasalahan dalam kegiatan pembelajaran meliputi siswa belum terampil dalam bertanya dan menjawab pertanyaan. Batasan masalah dalam penelitian ini yaitu pada upaya peningkatan keterampilan bertanya dan menjawab pertanyaan melalui metode diskusi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada peningkatan keterampilan bertanya dan menjawab pertanyaan melalui metode diskusi pada mata pelajaran biologi di SMAN 2 Kupang Timur. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya peningkatan keterampilan bertanya dan menjawab pertanyaan melalui metode diskusi pada mata pelajaran Biologi di SMAN 2 Kupang Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/siswi kelas X yang berjumlah 192 siswa dan sampelnya siswa/siswi kelas XA yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, dan lembaran observasi. Berdasarkan hasil analisa data, menunjukkan adanya pengaruh yaitu dengan menggunakan lembar observasi pada siklus I berada pada kategori kurang baik atau gagal, sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik. Saran dari peneliti melalui skripsi ini adalah peneliti memiliki keterbatasan dalam penelitian ini sehingga apabila peneliti lain yang ingin melakukan penelitian dengan teknik pembelajaran metode diskusi, adalah dengan menggunakan lembar observasi untuk mengukur keterampilan bertanya dan menjawab pertanyaan.
Kata kunci : Teknik Pembelajaran metode diskusi, Keterampilan bertanya dan menjawab pertanyaan Keterangan : *) Peneliti **) Dosen Pembimbing
756/16 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain