PERPUSTAKAAN PUSAT UKAW

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Skripsi

Upaya peningkatan ketrampilan bertanya dan menjawab pertanyaan melalui metode diskusi pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 2 Kupang Timur Tahun Ajaran 2015/2016

DINDUNG, Meldiana H. - Nama Orang;

ABSTRAK
UPAYA PENINGKATAN KETRAMPILAN BERTANYA DAN MENJAWAB PERTANYAAN MELALUI METODE DISKUSI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMAN 2 KUPANG TIMUR TAHUN AJARAN 2015 /2016
*Meldiana Dindung Natonis, D.A.)** Nggadas, D)***
Kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang guru adalah mampu merangkaikan bahan pelajaran dan rancangan kegiatan pembelajaran yang dapat menciptakan interaksi belajar dan mengajar antara siswa dengan guru, siswa dengan temannya serta siswa dengan media belajar yang ada. Berdasarkan observasi yang di lakukan di SMA Negeri 2 Kupang Timur terdapat beberapa permasalahan dalam kegiatan pembelajaran meliputi siswa belum terampil dalam bertanya dan menjawab pertanyaan. Batasan masalah dalam penelitian ini yaitu pada upaya peningkatan keterampilan bertanya dan menjawab pertanyaan melalui metode diskusi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada peningkatan keterampilan bertanya dan menjawab pertanyaan melalui metode diskusi pada mata pelajaran biologi di SMAN 2 Kupang Timur. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya peningkatan keterampilan bertanya dan menjawab pertanyaan melalui metode diskusi pada mata pelajaran Biologi di SMAN 2 Kupang Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/siswi kelas X yang berjumlah 192 siswa dan sampelnya siswa/siswi kelas XA yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, dan lembaran observasi. Berdasarkan hasil analisa data, menunjukkan adanya pengaruh yaitu dengan menggunakan lembar observasi pada siklus I berada pada kategori kurang baik atau gagal, sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik. Saran dari peneliti melalui skripsi ini adalah peneliti memiliki keterbatasan dalam penelitian ini sehingga apabila peneliti lain yang ingin melakukan penelitian dengan teknik pembelajaran metode diskusi, adalah dengan menggunakan lembar observasi untuk mengukur keterampilan bertanya dan menjawab pertanyaan.
Kata kunci : Teknik Pembelajaran metode diskusi, Keterampilan bertanya dan menjawab pertanyaan Keterangan : *) Peneliti **) Dosen Pembimbing


Ketersediaan
756/16PTK PUSAT UKAWTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
S 121 KIP-BIO 16
Penerbit
Kupang : UKAW FKIP Program Studi Biologi., 2016
Deskripsi Fisik
xiv, 51 hal.; bibl.; ilus.; lamp.; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S 371.3 072 598 553
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
METODE PENGAJARAN--PENELITIAN--KUPANG TIMUR
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Meldiana H. Dindung
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN PUSAT UKAW
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Alamat : Jalan Adisucipto 147, Oesapa, Kupang NTT
Telp: +62 380 881584 dan +62 380 881050
Fax: +62 380 881677
Email: admin@ukaw.ac.id / ukaw_kupang@yahoo.co.id

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik