Skripsi
Peranan guru pendidikan agama kristen dalam peningkatan mutu pelajaran kelas VB di SD GMIT Manumuti kecamatan Kupang Tengah kabupaten Kupang Tahun Ajaran 2015/2016
ABSTRAK
PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM PENINGKATAN MUTU PELAJARAN KELAS VB DI SD GMIT MANUMUTI KECAMATAN KUPANG TENGAH KABUPATEN KUPANG TAHUN AJARAN 2015/2016 Bia Yulita*) Natonis A. Dina**) Pabala P. Petrus**) Pendidikan yang kompleks menuntut penanganan untuk meningkatkan kualitasnya,baik yang bersifat menyeluruh maupun pada beberapa komponen saja. Pendidikan agama Kristen adalah salah satu bidang studi yang memiliki tujuan membekali siswa untuk mampu menjalani hidup di masa kini dan mampu menghadapi setiap permasalahan di masa yang akan datang. Guru memiliki peran yang sangat penting dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah.Berdasarkan rumusan masalah yang di bahas adalah Bagaimana Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Peningkatan Mutu Pelajaran Kelas VB Di SD GMIT Manumuti, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang Tahun Ajaran 2015/2016.Kedudukan guru tidak dapat digantikan dengan media apapun, sehingga keberadaannya sebagai ujung tombak pembelajaran harus tetap ada. Tujuan penelitiannya yaitu mengapa peranan guru pendidikan agama Kristen dalam penibgkatan mutu pelajaran pendidikan agama Kristen di SD GMIT Manumuti harus diteliti.Sifat materi pelajaran pendidikan agama kristen tersebut membawa konsekuensi terhadap proses belajar mengajar yang didominasi oleh pendekatan, terutama guru menggunakan metode ceramah.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kategori studi kasus dengan tujuan untuk menggambarkan fenomena yang terjadi dilokasi penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD GMIT Manumuti dan sampelnya yaitu 25 orang siswa kelas VB,1 kepala sekolah,1 guru pak. Adapun teknik pengumpulan data yaitu,observasi dan wawancara. Selanjutnya data di analisis menggunakan analisa deskriptif.
Dalam penelitian ditemukan fakta bahwa guru PAK berperan secara optimal dalam kegiatan pembelajarannya yaitu perannya sebagai pendidik, model/contoh, pembimbing dan pengajar. Oleh karena itu,guru bertanggungjawab terhadap pendidikan murid-muridnya. Tanpa guru maka pendidikan tidak dapat dijalankan dengan baik, karena guru tidak dapat di gantikan dengan unsur apapun. Dengan demikian, sebagai pelaku pendidikan yang bermartabat, laksanakanlah tugas-tugas yang telah dipercayakan dengan penuh tanggungjawab agar berguna bagi nusa dan bangsa.
Kata Kunci: Peranan Guru dan Peningkatan Mutu
Keterangan : **) Pembimbing *) Peneliti
759/16 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain