Skripsi
Peran orang tua, guru dan lingkungan sekolah dalam motivasi belajar siswa kelas XI IPA 1 dalam pembelajaran biologi di SMA Negeri 8 Kupang Tahun Ajaran 2015/2016
ABSTRAK PERAN ORANG TUA, GURU DAN LINGKUNGAN SEKOLAH DALAM MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 1 DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 8 KUPANG TAHUN AJARAN 2015/2016 Titi,Y.C* Manu, L)** Bullu,I.N )**
Berdasarkan hasil observasi dan data yang diperoleh dari SMA N 8 Kupang dikelas XI IPA 1 bahwa, motivasi belajar yang rendah dari siswa sehingga mempengaruhi hasil belajar. Dari data yang diperoleh dengan jumlah rata-rata tes harian 65,92% dan nilai TTS 58, 39% yang tidak mencapai standar KKM (72). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua, guru dan lingkungan sekolah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPA 1 dalam pembelajaran biologi di SMA Negeri 8 Kupang tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan populasi sebanyak 55 orang siswa dan sampel sebanyak 28 orang siswa yang terbagi dalam 1 kelas dengan menggunakan model purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik observasi dan kuisioner. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan mengedarkan kuisioner dan diisi oleh responden, sedangkan data sekunder diperoleh dengan cara mengambil data dari instansi yang terkait. Data primer yang telah dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan bantuan tabel frekuensi baik tabel tunggal maupun tabel ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Orang Tua memiliki peran yang penting dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, dari 7 aspek yang di tanyakan 73,46% menjawab Ya, dan 26,54 yang menjawab Tidak. Sedangkan peran guru (dalam hal ini guru biologi) dari 7 aspek yang di tanyakan 66,84% menjawab Ya, dan 33,16% yang menjawab Tidak. Dan lingkungan sekolah tempat siswa tersebut mengikuti pembelajaran biologi pun memiliki peran yang sama pentingnya dari 7 aspek yang di tanyakan 75,50% menjawab Ya, dan 24,50% yang menjawab Tidak. Dari hasil penelitian ini maka dapat di simpulkan bahwa peran lingkungan sekolah sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa hal ini di tunjang dengan kenyamanan belajar biologi di kelas dan di luar kelas dan ketersediaan media belajar. Saran saya bagi orang tua, guru dan siswa harus bekerja sama dalam meningkatkan belajar siswa, supaya lebih termotivasi agar mencapai hasil yang di inginkan.
Kata kunci : Peran Orang tua, guru dan lingkungan sekolah, motivasi belajar siswa. Keterangan : * penulis : * pembimbing
765/16 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain