Skripsi
Pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing (Guided Inkuiri) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas X SMA N.2 Kupang Timur Tahun Ajaran 2015/2016
ABSTRAK
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing ( Guided inguiri) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMAN 2 Kupang Timur Tahun Ajaran 2015/2016
Yulenti, M. )* Tnunay, P.)** Koroh, T.)**
Supaya proses pembelajaran di kelas efektif, guru harus menggunakan model pembelajaran dan media pembelajaran yang bervariasi, sehingga siswa tidak merasa bosan dalam mengikuti pelajaran.Berdasarkan hasil observasi di SMAN 2 kupang Timur dalam proses pembelajaran berlangsung dimana terdiri dari 30 siswa, yang mempunyai ciri khas dan karakter yang berbeda.Dalam proses pembelajaran yang berlangsung Siswa banyak yang tidak memperhatikan penjelasan materi yang disampaikan oleh guru, malas,bosan,dan tidak termotivasi dalam proses KBM yang ditandai dengan jarangnya siswa yang bertanya dan lebih banyak diam ketika ditanya. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap motivasi siswa pada Mata Pelajaran Biologi kelas X SMAN 2 Kupang Timur Tahun Ajaran 2015/2016.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah enam kelas yang berjumlah 192 siswa dan sampel 40 siswa di antaranya 20 siswa kelas eksperimen dan 20 siswa kelas kontrol . Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Angket,dan observasi serta teknik analisis data menggunakan rumus presentase.
Kata kunci : Model pembelajaran inkuiri terbimbing, Motivasi belajar. Keterangan : *) = Peneliti **) = Pembimbing
766/16 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain