Skripsi
Tinjauan tentang pembelajaran permainan bola kasti pada siswa kelas VII di SMP Negeri 16 Kupang
VIKTOR D. KLUMER. 12320318. 2016. TINJAUAN PEMBELAJARAN PERMAINAN
BOLA KASTI DALAM PERMAINAN KECIL DI SMP NEGERI 16
KUPANG TAHUN 2016. Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi
Universitas Kristen Artha Wacana Kupang. Pembimbing (I) M. Rambu P. Wasak,
S.Pd, M.Pd. pembibing (II) Julian J. Leko, S.Pd, M.Fis, AIFO.
Kata Kunci: Pembelajaran Permainan Bola Kasti
Pembelajaran permainan bola kasti adalah sumber motivasi yang mendorong
seseorang untuk melakukan apa yang ingin dilakukan ketika bebas memilih. Ketika
seseorang menilai bahwa sesuatu akan bermanfaat, maka akan menjadi berminat,
kemudian hal tersebut akan mendatangkan kepuasan. Dalam kegiatan olahraga,
keterampilan bermain bola kasti juga sangat di butuhkan. Karna dengan
keterampilan bermain bola kasti yang dimiliki, seseorang bisa melakukan suatu
kegiatan olahraga dengan sungguh-sungguh demi tercapainya manusia yang sehat
baik jasmani maupun rohani. Permainan bola kasti juga merupakan bagian dari
kegiatan olahraga yang memegang peranan penting dalam pembangunan dewasa
ini. Karena itu melalui permainan bola kasti dapat dihasilkan manusia sehat dan
kuat, baik jasmani maupun rohani. Gambaran kondisi tersebut membuat peneliti
tetarik dengan mengangkat masalah faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi
rendahnya keterampilan bermain bola kasti siswa terhadap permainan bola kasti di
SMP Negeri 16 Kupang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang
menyebapkan rendahnya keterampilan bermain bola kasti belajar siswa terhadap
permainan bola kasti di SMP Negeri 16 Kupang. metode penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dan menggunakan pendekatan
naturalistik untuk menghasilkan data yang bersifat alamia baik lisan maupun
tertulis sesuai dengan realita yang ada di tempat penelitian. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini adalah: Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Data yang
dikumpulkan bersifat naturalistik dan dapat mengambil inisisatif pemecahan dan
analisa berdasarkan realita yang ada di tempat penelitian dengan menggunakan
metode kualitatif yang bersifat pendekatan naturalistik. Dari hasil olahan data
peneliti dapat menyimpulkan bahwa (1) Rendahnya tingkat keterampilan bermain
bola kasti siswa, pada teknik-teknik dasar yaitu: Memukul, melempar, menangkap
pada permainan bola kasti. Kurangnya sarana dan prasarana yang ada menyebapkan
kemauan siswa untuk mengikuti latihan semakin menurun. (2) Guru penjasorkes
kurang kreatif dalam mengelolah kelas pada saat pembelajaran permainan bola
kasti dan (3) Minimnya bakat dan minat siswa dalam permainan bola kasti sehingga
membuat siswa kurang berminat dalam permainan bola kasti.
29/17 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain