Skripsi
Persepsi guru pamong terhadap kompetensi mengajar mahasiswa praktek pengalaman lapangan pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi Universitas Kristen Artha Wacana di SMP Negeri 2 Kota Kupang pada Tahun 2015/2016
URIA KULLI. Nim: 12320309. Persepsi Guru Pamong Terhadap
Kompetensi Mengajar Mahasiswa Praktek Pengalaman Lapangan
Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas Kristen
Artha Wacana di SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 2 Kota Kupang
Pada Tahun 2015/2016. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan
dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Kristen Artha Wacana Kupang. Pembimbing I Dr. Lukas M. Boleng,
M.Kes dan Pembimbing II Ramona M. Mae, S.Pd, M.Or.
Kata Kunci : Kompetensi guru, PPL
Untuk mengetahui kompetens iprofesional diperlukan informasi dari guru
pembimbing. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah
bagaimana persepsi guru pamong terhadap kompetensi professional yang
meliputi penguasaan bahan pembelajaran, pengelolaan program
pembelaran, tehknik pengelolaan kelas, penggunaan media pembelajaran
dan interaksi dalam belajar mengajar mahasiswa prodi Pendidikan
Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas KristenArtha Wacana
Kupang yang melakukan Praktek Pengalaman Lapangan di SMPNegeri1
dan SMP Negeri 2Kota Kupang. Jenis penelitian ini adalah penelitian
deskriptif. Variabelnya kompetensi profesional. Populasi yakni guru
pamong yang membimbing mahasiswaProdi Pendidikan Jasmani
Kesehatan dan Rekreasi tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah 2 sekolah.
Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif untuk
menjelaskan terhadap kompetensi mengajar. Dari hasil penelitian,
persepsi guru pamong terhadap kompetensi professional mahasiswa
Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreaasi tentang
penguasaan bahan menunjukan bahwa 58,33% responden
mengatakanbaik,pengelolaanprogram pengajaran menunjukan bahwa
66,66% responden mengatakanbaik, tehknik pengelolaan kelas
menunjukan bahwa 77,78% mengatakan dalam kategori baik, penggunaan
media menunjukkan bahwa 75,00% mengatakan dalam kategori baik,
interaksi belajar mengajar menunjukan bahwa 69,45% mengatakan
tergolongbaik. Dengan demikian disimpulkan bahwa persepsi guru
pamong terhadap kompetensi mengajar mahasiswa Praktek Pengalaman
Lapangan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas
Kristen Artha Wacana di SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 2 Kota Kupang
pada tahun ajaran 2015/2016 dalam kategori baik. Saran, Bagi mahasiswa
perlu mempertahankan dan meningkatan kompetensi prosesional dan
dibekali kemampuan membuat media pembelajaran yang sederhana, agar
mahasiswa Praktek Pengalaman Lapangan siap terjun disekolah praktek
dengan bekal yang cukup, sehingga mahasiswa Praktek Pengalaman
Lapangan dalam menyampaikan materi mampu menarik perhatian siswa.
26/17 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain