Skripsi
Tinjauan tentang pembelajaran penjas orkes melalui modefikasi permainan bola basket "Ring Gantung"pada siswa kelas V (Lima) SD Inpres Knabu kecamatan Raimanuk kabupaten Belu Tahun Pelajaran 2015/2016
Kristoforus Fahik, NIM : 12320178, “Tinjauan Tentang Pembelajaran Penjasorkes Melalui Modifikasi Permainan Bola Basket “Ring Gantung†Pada Siswa Kelas V (Lima) SD Inpres Knabu Kecamatan Raimanuk Kabupaten Belu Tahun Pelajaran 2015/2016â€ÂÂ. Skripsi Ini Pada Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Artha Wacana Kupang.
Pimbimbing (I) : Drs Lambertus Ara Tukan, MM
Pembimbing (II) : Jimmy C.H Atty, S.Pd.,M.Fis.
Kata Kunci : Pembelajaran, Modifikasi, “Ring Gantungâ€ÂÂ
Bola basket merupakan permainan yang gerakannya kompleks yaitu gabungan dari jalan, lari, dan lompat serta unsur kekuatan, kecepatan, ketepatan, kelenturan, dan lain-lain. Untuk dapat mengembangkan kemampuan gerak dasar siswa dengan baik seorang guru harus memiliki kemampuan merancang dan melaksanakan pembelajaran pendidikan jasmani sesuai dengan tahap-tahap perkembangan dan karakteristik siswa serta kemampuan memodifikasi dan melakukan pendekatan dalam proses pembelajaran. Permasalahan yang sering dihadapi siswa dalam proses pembelajaran penjasorkes pada permainan bola basket adalah siswa sulit dalam bermain bola basket. Ada beberapa alasan mengapa siswa tidak menyukai permainan bola basket diantaranya adalah karena guru masih menitik beratkan pada penguasaan teknik kecabangan yang menimbulkan proses pembelajaran yang monoton bagi siswa, dan kurang mementingkan kemampuan pemahaman siswa terhadap hakekat pendidikan jasmani itu sendiri. Dan dalam pembelajaran pada bola basket kurang sesuai dengan karakter siswa sehingga siswa merasa kurang nyaman dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan masalah tersebut maka bagaimanakah cara seorang guru untuk melatih, mendidik siswa untuk menyukai pembelajaran bola basket? pembelajaran penjasorkes melalui modifikasi permainan bola basket “ring gantung†pada siswa kelas V (Lima) SD Inpres Knabu Kecamatan Raimanuk Kabupaten Belu Tahun Pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah modifikasi permainan bola basket “ring gantung†ini mempermudah siswa dalam mengikuti pembelajaran. Dan jenis penelitian ini adalah kualitatif naturalistik dengan menggunakan metode deskriptif, Informen penelitian adalah kepala sekolah, guru Penjas Orkes, dan siswa Kelas V (Lima) SD Inpres Knabu. Dan Sumber Data dalam penelitian in adalah data sekunder dan data primer, dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh oleh peneliti adalah hasil berdasarkan penilaian tiga aspek yaitu kognitif, afektif, dan psikomotor maka peneliti menyipulkan bahwa modifikasi permainan ring gantung yang digunakan merupakan cara untuk mengatasi kesulitan-kesulitan siswa dalam mengikuti pembelajaran bola basket sehingga guru diharapkan mampu memodifikasi pembelajaran dan pendekatan dalam bentuk permainan sebagai contohnya, proses pembelajaran pendidikan jasmani akan lebih menyenangkan.
22/17 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain