Skripsi
Proses Pembelajaran Penjas Orkes pada Materi Bola Voli di SD Inpres Naikoten I Kota Kupang.
ABSTRAK Valentinus E. Kapa, Nim 12320310, “Proses Pembelajaran Penjas Orkes Pada Materi Bola Voli Di SD Inpres Naikoten I Kota Kupangâ€ÂÂ. Skripsi, Program Studi PJKR FKIP Universitas Kristen Artha Wacana Kupang. Pembibing I Bapak Dr. Andreas J.F. Lumba, M.Pd dan Pembibing II Ramona M. Mae, S.Pd, M.Or
Kata Kunci : Proses Pembelajaran, Penjasorkes.
Latar belakang masalah dalam penelitian ini yaitu berdasarkan observasi awal yang menunjukan, bahwa proses pembelajaran penjasorkes pada materi bola voli belum berjalan dengan baik. Hal inilah yang melatar belakangi peneliti untuk melakukan penelitian dengan tujuan untuk Proses Pembelajaran Penjas Orkes Pada Materi Bola Voli Di SD Inpres Naikoten I Kota Kupang. Peneliian ini menggunakan metode kualitatif dan deskriptif naturalistic yakni untuk mendapatkan data-data dari tempat penelitian sesuai dengan kenyataan yang dilihat dan didengar oleh peneliti, yang dilakukan selama 2(dua) bulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi : 1) observasi, 2) wawancara, dan 3) dokumentasi. Peran peneliti dalam penelitian ini yaitu sebagai instrument kunci (key instrumens) sedangkan informan dalam penelitian ini yaitu : Kepala Sekolah dan Guru Penjas. Semua data temuan peneliti dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif deskriptif. Hasil temuan ini mengungkapkan bahwa : 1) Proses pembelajaran penjasorkes sudah mencerminkan Develomentally Appropriate practice (DAP). 2) materi bola voli di SD Inpres Naikoten I Kota Kupang sangat bermanfaat dan efektif dimana siswa terlibat dalam mengikuti proses pembelajaran bola voli. 3) Hasil yang diperoleh setelah mengikuti proses pembelajaran penjasorkes pada materi bola voli yaitu tujuan untuk siswa dapat mengetahui pengalaman belajar yang lebih bermakna. Dengan demikian, maka saran peneliti sampaikan kepada guru penjas dan kepala sekolah agar kedepannya memfasilitasi siswa dari sisi proses pembelajaran penjasorkes pada materi bola voli yang saat ini belum membaik baik lewat materi, dan jumlah kelompok belajar sehingga siswa lebih aktif terlibat dalam proses pembelajaran guna untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang sistematis sesuai RPP yang mengacu pada proses pembelajaran penjasorkes pada materi bola voli seperti, bola, lapangan, waktu bermain, dan aturan permainan. Sehingga tidak terlalu mengikat peserta didik sehingga kegitan proses pembelajaran penjasorkes biasa berjalan secara efektif.
120/17 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain