Skripsi
Tinjauan tentang model pembelajaran teaching game for understanding/TGFU (Permainan mengajar untuk memahami) pada permainan bola basket (Siswa-Siswi kelas VIII SMP Negeri 2 Kupang) Tahun Ajaran 2016/2017
MELFIDAUD. NIM 12320209 “TINJAUAN TENTANG MODEL PEMBELAJARAN TEACHING GAME FOR UNDERSTANDING/TGFU(PERMAINAN MENGAJAR UNTUK MEMAHAMI)PADA BELAJAR PERMAINAN BOLA BASKET (SISWA-SISWI KELAS VIII SMP NEGERI 2 KOTA KUPANG TAHUN AJARAN 2016/2017)†Program Studi PJKR FKIP Universitas Kristen Artha Wacana Kupang. PembimbingIDrs. Oktovianus Fufu, M.Pd,pembimbing IIFrederikson E. Nope, S.Pd.M.Or.
Kata Kunci: Model, Pembelajaran, Teaching Game For Understanding
Judul penelitian “Tinjauan Tentang Model Pembelajaran Teaching Game For Understanding/TGFUPada Belajar Permainan Bola Basket(Siswa-Siswi Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Kupang Tahun Ajaran 2016/2017)â€ÂÂ.Dengan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimanakah Model PembelajaranTeaching Game For Understanding/TGFU pada Belajar Permainan Bola Basket (Siswa-Siswi Kelas VIII SMP Negeri 2 Kupang yaitu tentang model pembelajaran penjasorkes dengan tujuan penelitian untuk mengetahui Model Pembelajaran Teaching Game For Understanding/TGFU Pada Belajar Permainan Bola Basket. Objek penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Kupang kelurahan Oetete, kecamatan Oebobo, dengan teknik pengumpulan data yaitu Observasi, Wawancara, Dokumentasi dengan sumber data yang diperoleh langsung dari SMP Negeri 2 Kupang. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif.
Hasil analisis menunjukkan model pembelajaran Teaching Game For Understanding di SMP Negeri 2 kupang melalui model pembelajaran Teaching Game For Understanding meningkatkan minat siswa dalam kegiatan belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran berlangsung. Dimana peneliti melihat dari pembelajaran pada kemampuan anak berada dalam kategori berhasil. Hal ini menunjukkan bahwa adanya model pembelajaran penjasorkes di SMP Negeri 2 Kupang dalam meningkatkan minat siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran pada siswa disekolah. Untuk menunjukkan berbagai aspek kemampuan anak didik didukung juga oleh tugas, dan tanggungjawab guru yang bertugas menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar, melihat, mengelola, memberikan bimbingan atau pelayanan teknis dalam kegiatan pembelajaran. Adapun tugas dan tanggungjawab guru diantaranya yaitu peranannya sebagai Demonstrator atau pengajar hendaknya menguasai bahan atau kegiatan yang ditinjau tentang model pembelajaran Teaching Game For Understanding hendaknya mengelola kelasnya karena kelas merupakan lingkungan belajar serta diawasi agar kegiatan belajar teraah dilaksanakan dan senantiasa meningkatkan kemampuanya yang berkaitan kemampuan yang dimiliki oleh setiap anak.
Beberapa saran yang diberikan penulis untuk sekolah yaitu mencapai keberhasilan program kegiatan pembelajaran di SMP Negeri 2 Kupang, peranan guru perlu ditingkatkan dalam kegiatan pembelajaran pada anak dapat bertumbuh dan berkembang secara optimal. Untuk guru mengoptimalkan dan meningkatkan minat siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan mengembangkan kemampuan anak, guru hendaknya menyiapkan bahan dan mempersiapkan sarana prasarana untuk memperlancar kegiatan pembelajaran dikelas maupun dilapangan atau diluar kelas. Untuk anak diharapkan kepada anak di SMP Negeri 2 Kupang agar terus meningkatkan minat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
122/17 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain