Skripsi
Proses pembelajaran siswa berkebutuhan khusus (Tunarungu) dalam pembelajaran penjasorkes di SMPLB Negeri Mebung kabupaten Alor
FREDI K ABOR. NIM: 12320119. Dengan judul Skripsi “PROSES
PEMBELAJARAN SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS (TUNARUNGU)
DALAM PEMBELAJARAN PENJAS ORKES DI SMPLB NEGERI
MEBUNG KABUPATEN ALORâ€ÂÂ.Skripsi, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan
Rekreasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Kristen Artha
Wacana Kupang. Pembimbing (I). Robert Tetikay, S.Pd, M.Pd,. Pembimbing
(II). Agustinus J. Nafie, S.Pd.M.Or
Kata Kunci: Tunarungu, Pembelajaran penjasorkes.
Pembelajaran penjasaorkes sangatlah penting bagi seluruh siswa-siswi bukan
hanya siswa-siswi yang normal tetapi juga sangatlah penting bagi anak-anak
tunarungu karna pembelajaran penjasorkes bukan hanya untuk siswa pada
umumnya yang normal saja tetapi juga untuk siswa-siswi yang berkebutuhan
khusus dalam hal ini anak-anak tunarungu untuk itu Masalah yang dikaji dalam
penelitian ini yaitu Bagaimana proses pembelajaran penjasorkes bagi siswa
tunarungu di SMPLB Negeri Mebung? Berdasarkan rumusan masalah diatas
maka tujuan dari penelitian ini adalah Untuk meningkatkan proses pembelajaran
anak berkebutuhan khusus terhadap mata pelajaran pendidikan jasmani dengan
cara memberikan suatu pembelajaran penjasorkes yaitu pembelajaran permainan
bola volly pasing atas dan pasing bawah dengan peraturan yang dimodifikasi.
metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif.
Untuk meperoleh data dari lokasi tempat penelitian ini, maka penelitian
menggunkan tiga teknik pengumpulan data diantaranya: observasi, wawancara
dan dokumentasi alasan peneliti menggunakan tiga (3) teknik pengumpulan data
ini untuk peneliti bisa melihat dan mengetahui peningkatan proses pembelajaran
anak berkebutuhan khusus terhadap mata pelajaran pendidikan jasmani dengan
pembelajaran bola volly pasing atas dan pasing bawah dengan peraturan yang
dimodifikas. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka peneliti
menyimpulkan bahwa pembelajaran penjasorkes bagi siswa tunarungu di SMPLB
Negeri Mebung berjalan sesuai dengan proses pembelajaran sistim pendidikan
nasional, dan kurikulum yang ditentukan dan disesuaikan dengan anak-anaak
yang memeliki kebutuhan khusus (Tunarunggu). Sehingga pembelajaran
penjasorkes pada siswa/siswi tunarungu SMPLB Negeri Mebung berjalan dengan
baik. Tetapi masih terdapat kekurangan- kekurangan yang peneliti temukan
dilapangan seperti halnya minimnya sarana prasarana olahraga sebagai penunjang
dalam pembelajaran penjasorkes serta adanya kendala-kendala yang peneliti
temukan di tempat penelitian terkhususnya pada siswa/siswi SMPLB Negeri
Mebung seperti halnya ganguan yang timbul secara internal dan eksternal.
126/17 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain